Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Gokart Tercepat di Dunia

Kompas.com - 20/05/2017, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Toronto, KompaOtomotif – Perusahaan kendaraan listrik asal Kanada Daymak meluncurkan C5-Blast Ultimate, yang diklaim sebagai gokart tercepat di dunia. Menggendong mesin listrik, gokart ini mampu melesat 98 kpj hanya dalam 1,5 detik.

Mengutip Dailymail.co.uk, Jumat (19/5/2017) gokart ini dilengkapi dengan komponen EDF Motors (Electric Ducted Fan), yang bisa membantu mengurangi berat gokart menjadi yang sangat ringan dan cepat. Bahkan, baru saja meluncur, Daymak sudah berencana menawarkan versi masa depannya.

“Kami benar-benar bisa membuatnya lebih ringan dan lebih cepat, dan pada titik tertentu Gokart ini akan mulai mengambang seperti di Star Wars, bahkan kami bisa menambahkan sayap untuk membuatnya terbang," ujar Aldo Baiocchi, Presiden Daymak.

Kekuatan C5-Blast berasal dari motor listrik tanpa kabel 10 kW, yang dipasok dari baterai lithium-ion 2.400 Wh. Pengemudi juga diapit oleh empat motor Electric Ducted Fan (EDF) yang memberikan dorongan ke depan, kemudian delapan lagi dipasang di bodi mengarah ke atas, seolah mengangkat bodi, sehingga meringankan bobotnya.

Daymak mengakui bahwa teknologinya masih dalam tahap awal. Namun perusahaan tersebut berencana untuk menjual dua versi yang berbeda. Model standar C5-Blast, yang tidak menggunakan sistem EDF, hanya bisa mencapai 60 mph dalam 3,9 detik seharga 9.999 dolar AS atau Rp 133 juta, dan model Ultimate 59.999 dolar AS atau Rp 799 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com