Nissan Malaysia Kembali Kena Virus "Recall" Takata - Kompas.com

Nissan Malaysia Kembali Kena Virus "Recall" Takata

Stanly Ravel
Kompas.com - 19/05/2017, 17:43 WIB
Stanly/KompasOtomotif Konsep modifikasi ringan Nissan Grand Livina

Kuala Lumpur, KompasOtomotif - Nissan Malaysia resmi mengumumkan penarikan masal (recall) terhadap 52.707 unit kendaraannya. Hal ini disampaikan oleh Edaran Tan Chong Motor (ETCM) sebagai agen pemegang merek Nissan di Malaysia.

Baca : Nissan "Recall" Puluhan Ribu Unit March

Dilansir dari Paultan, penariakn unit Nissan dikarenakan masalah pada inflator airbag Takata atau peletup kantong udara yang berpotensi tidak bekerja saat terjadi insiden. Ini merupakan kesekian kalinya, karena pada 2016 lalu, ETCM juga melakukan recall terhadap 133.118 unit kendaraan akibat masalah yang sama.

Untuk unit yang tekena imbas paling banyak datang dari model sedan, Nissan Sentra. Total ada 48.517 Nissan Sentra produksi Juni 2000 hingga Desember 2012 yang akan ditarik.

Nissan X-Trail T30 generasi pertama yang dibuat pada Januari 2009 hingga Desember 2012 menempati posisi kedua dengan total 3.158 unit. Setelah itu disusul oleh D22 Frontier dengan jumlah 1.032 unit untuk tahun pembuatan Juli 2004 hingga Desember 2012.

ibtmes.com Airbag Inflator, komponen yang diganti dalam recall airbag Takata
Baca : Rantai "Timing" Bermasalah, Nissan "Recall" Juke

ETMC menjelaskan bahwa untuk model Nissan Sentra yang ditarik hanya model yang menggunakan airbag. Sedangkan untuk tipe terbawah tanpa airbag tidak terpengaruh masalah recall, temasuk untuk X-Trail generasi kedua dan ketika hingga model yang saat ini dipasarkan.

Tan Chong Ekspres Auto Servis (TCEAS) sebagai after sales Nissan di Malaysia akan melakukan pemeberitahuan dengan mengirimkan surat kepada para pemilik kendaraan. Semua biaya dan proses pergantian komponen dilakukan secara cuma-cuma, pelanggan cukup mendatangi TCEAS terdekat.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
SumberPaultan.org,
Komentar
Close Ads X