Truk Sampah Swakemudi Ada di Depan Mata - Kompas.com

Truk Sampah Swakemudi Ada di Depan Mata

Donny Apriliananda
Kompas.com - 18/05/2017, 14:43 WIB
Volvo Truk sampah otonomos Volvo mulai diuji coba.

Stockholm, KompasOtomotif – Soal teknologi, Volvo bisa dibilang sebagai salah satu yang terdepan di dunia. Baru-baru ini, mereka mengembangkan dan mulai menguji coba truk sampah otonomos atau swakemudi di Swedia.

Truk sampah itu dibangun dari model Volvo FM 330, bekerjasama dengan perusahaan manajemen pembuangan sampah yang berbasis di Swedia, Renova. Kendaraan ini menggunakan GPS dan sensor lidar untuk mapping, mencari posisi, dan scanning area sekitar.

Sebagai permulaan, truk dikemudikan oleh sopir, sehingga rute bisa dideteksi dan direkam. Saat kembali ke titik yang sudah di-mapping itu, truk bakalan tahu, rute mana yang akan dilewati, dan rumah siapa yang wajib disinggahi.

Kendati demikian, peran petugas kebersihan masih ada. Saat truk sampai di lokasi pertama, petugas tetap akan memasukkan sampah ke truk. Setelahnya, tinggal pencet tombol di bagian samping truk, yang otomatis memerintahkan truk berhenti di titik selanjutnya.

Saat pengambilan sampah dari rumah ke rumah, truk akan berjalan mundur, sehingga petugas tetap akan selalu mengawasi apa yang ada di belakang kendaraan. Sensor-sensor akan membaca setiap rintangan, mulai mobil yang parkir hingga anak-anak yang sedang bermain sekali pun.

Volvo Trucks menyatakan bahwa truk sampah swakemudi ini akan punya banyak keuntungan, termasuk mengurangi lelah petugas, juga penggunaan bahan bakar serta emisi gas buang.

Fase pengujian ini akan terus berlanjut sampai akhir tahun ini. Setelahnya, Volvo akan mengevaluasi soal kepraktisannya, keamanan, dan tentu penerimaan petugas, penduduk, dan pengguna jalan lain terhadap teknologi ini.

Jika hasilnya positif, penggunaan truk sampah otonomos ini akan diperkenalkan pertama di area yang sangat aman, seperti pertambangan atau terminal cargo.

Simak videonya berikut ini:

PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
SumberCarscoops
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM