Pantau Sopir, Truk Volvo Dilengkapi "Black Box" - Kompas.com

Pantau Sopir, Truk Volvo Dilengkapi "Black Box"

Stanly Ravel
Kompas.com - 18/05/2017, 08:22 WIB
Stanly/KompasOtomotif Volvo Final Fuelwatch 2017

Tangerang, KompasOtomotif - Daynafleet menjadi salah satu teknologi unggulan Volvo Truck Indonesia (VTI). Selain berguna untuk mengukur keakuratan efesiensi bahan bakar, fitur ini ternyata juga menyimpan bergam fungsi lain layaknya black box dalam pesawat.

Head of Marketing VTI, Bagus Pranoto, menjelaskan bahwa Daynafleet juga berguna untuk memantau semua aktifitas pengendara selama menjalankan truk.

"Dengan Dynafleet kita bisa melihat data, bahkan menarik data tersebut. Mulai dari bahan bakar, GPS untuk mengetahui posisi truk, semua akan terekam," ucap  Bagus saat berbincang dalam acara kompetisi final Fuelwatch di Tangerang, Rabu (17/5/2017).

Baca : Dua Sopir Truk Volvo Siap Kibarkan Merah Putih di Swedia

Menurut Bagus, fitur ini cocok untuk diaplikasikan untuk kendaraan niaga yang beroperasi sebagai kargo. Pemilik perusahaan cukup mengawasinya melalui gadget atau komputer.

Stanly/KompasOtomotif Kompetisi final liga irit truk Volvo kembali digelar
Dynafleet juga berguna untuk melakukan penilian performa pengendara, karena fitur ini mampu mengetahui kecurangan yang kerap dilakukan sopir.

"Kalau ada sopir yang nakal atau iseng, seperti istilah kencingin bensin (menyelewengkan biaya bahan bakar) bisa dideteksi dari Dynafleet. Jadi ketahuan yang kebuang berapa, yang terpakai juga berapa," kata Bagus.


PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM