Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantau Sopir, Truk Volvo Dilengkapi "Black Box"

Kompas.com - 18/05/2017, 08:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif - Daynafleet menjadi salah satu teknologi unggulan Volvo Truck Indonesia (VTI). Selain berguna untuk mengukur keakuratan efesiensi bahan bakar, fitur ini ternyata juga menyimpan bergam fungsi lain layaknya black box dalam pesawat.

Head of Marketing VTI, Bagus Pranoto, menjelaskan bahwa Daynafleet juga berguna untuk memantau semua aktifitas pengendara selama menjalankan truk.

"Dengan Dynafleet kita bisa melihat data, bahkan menarik data tersebut. Mulai dari bahan bakar, GPS untuk mengetahui posisi truk, semua akan terekam," ucap  Bagus saat berbincang dalam acara kompetisi final Fuelwatch di Tangerang, Rabu (17/5/2017).

Baca : Dua Sopir Truk Volvo Siap Kibarkan Merah Putih di Swedia

Menurut Bagus, fitur ini cocok untuk diaplikasikan untuk kendaraan niaga yang beroperasi sebagai kargo. Pemilik perusahaan cukup mengawasinya melalui gadget atau komputer.

Stanly/KompasOtomotif Kompetisi final liga irit truk Volvo kembali digelar
Dynafleet juga berguna untuk melakukan penilian performa pengendara, karena fitur ini mampu mengetahui kecurangan yang kerap dilakukan sopir.

"Kalau ada sopir yang nakal atau iseng, seperti istilah kencingin bensin (menyelewengkan biaya bahan bakar) bisa dideteksi dari Dynafleet. Jadi ketahuan yang kebuang berapa, yang terpakai juga berapa," kata Bagus.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com