Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Limbah Moge Bersarang di Supra GTR150

Kompas.com - 17/05/2017, 08:33 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Binh Duong, KompasOtomotif - Modifikasi ala road race sering digunakan untuk mengubah tampilan sepeda motor bebek. Selain karena sporty, tongkrongan juga jadi lebih terlihat padat dengan kaki-kaki yang berisi.

Nah, bagi yang sedang berencana memodifikasi bebek kesayangan, mungkin Honda Winner alias Supra GTR150 garapan diler Honda Binh Duong di Vietnam ini bisa jadi inspirasi. Menggunakan ragam limbah motor besar (moge), Supra ini terlihat sintal, kental dengan nuansa balap.

Baca : Honda Tiger Sintal Bergaya "Cafe Racer"

Dilansir dari Paultan, hampir seluruh komponen yang dipakai merupakan copotan dari moge sport mewah. Untuk kaki-kaki menggunakan kombinasi antara lengan ayun tunggal milik Honda NSR150 SP dan pelek dari Ducati Panigale 1199.

Pelek motor sport Italia tersebut nampak menarik saat dibungkus dengan ban Pirelli Diablo berkarater slick. Sekilas terlihat seperti visual RC213V-S yang merupakan superbike Honda, apalagi dengan dominasi grafis Repsol yang bersarang di sektor bodi.

paultan.org Sektor kaki-kaki perpaduan antara Ducati Panigale dan NSR150 SP

Agar makin berisi, sistem peredam kejut juga ikut dibenahi. Sektor depan disematkan sok upside down Ohlins milik Kawasaki ZX-10R, lengkap bersama sok belakang.

Untuk knalpot menggunakan limbah Honda CBR1000RR yang kemudi diteruskan dengan aplikasi sistem pengereman dari Brembo. Menariknya, transfer tenaga ke roda belakang ternyata sudah diubah. Tidak lagi pakai rantai, namun sudah menggunakan belt layaknya motor matik.

Baca : Saat Hard Rock Cafe Pindah ke Harley Davidson

Meski demikian, Honda Vietnam tidak memberikan kejelasan teknis mengenai proses perubahannya, termasuk dengan upgrade yang membuat kubukasi bebek ini bertambah menjadi 175 cc. Namun bila melirik dari segi biaya, bisa dipastikan dana yang dikeluarkan melebihi harga motor.

paultan.org Modifikasi Honda Supra GTR150 beraroma MotoGP

Aroma sporty makin kental dengan beragam aksesori bernuansa racing. Mulai dari jok single seater, ragam tombol fungsi yang diletakkan pada setang layaknya tombol traksi di MotoGP, sampai ornamen digital yang berguna memantau tekanan injeksi bahan bakar, serta pengapiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com