Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fortuner dan Pajero Lawas Lagi Naik Daun

Kompas.com - 16/05/2017, 18:26 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Naiknya penjualan sport utility vehicle (SUV) bukan hanya di pasar mobil baru, namun juga di segmen mobil bekas (mobkas). Jelang musim Lebaran 2017, tren penjualan SUV makin meningkat, terutama untuk model yang memiliki kapasitas tujuh penumpang.

Baca : Binis Mobkas yang Jadi "Mainan" Baru ATPM

Beberapa mobkas SUV tahun lawas dinilai cukup bergairah, terutama untuk Fortuner dan Pejero Sport. Teddy salah satu pedagang mobkas di MGK Kemayoran mengatakan tren kenaikan SUV cenderung menyaingi pasar mobkas multi porpuse vehicle (MPV) yang biasa tumbuh pesat di musim mudik.

"Hampir sama, tapi SUV-nya untuk tahun yang lebih lawas, seperti Fortuner atau Pajero tahun 2011 atau 2012. Harganya tidak naik, justru cenderung bertahan, sekitar Rp 260 sampai Rp 300-an, itu bersaing dengan harga Innova 2015," ujar Teddy kepada KompasOtomotif, Sabtu (13/5/2017).

Menurut Teddy, selain dari sisi harga yang tidak mengalami kenaikan, salah satu yang menjadi daya tarik dari Pajero atau Fortuner adalah pilihan mesin diesel. Konsumen masih beranggapan mobil bermesin diesel jauh lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar.

Otomania/Setyo Adi Mobil diesel di pasar mobil bekas

Manajer Senior WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, juga mengungkapkan hal senada. Namun menurut Herjanto, tingginya peminat Pajero dan Fortuner bekas lebih dikarenakan harga barunya yang sudah makin tinggi.

Baca : Pasar Mobkas Premium Masih Mati Suri

"Permintaannya memang tinggi, tapi bukan karena dekat musim Lebaran saja, karena sejak awal tahun sudah bergerak. Tapi kalau dari pandangan saya lebih karena harga, SUV baru saat ini sudah gila (tinggi), sedangkan di pasar bekas harganya justru tidak naik, jadi wajar bila konsumen beralih mencari yang lebih terjangkau," ucap Herjanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com