Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2017, 13:37 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Sunderland, KompasOtomotif – Fasilitas produksi Nissan Inggris di Sunderland, serta beberapa pabrik milik Renault, dilaporkan telah terkena imbas dari serangan cyber global. Kondisi darurat ini telah melanda lebih dari 100 negara dalam beberapa hari ini.

Mengutip Carscoops, Selasa (16/5/2017) pihak Renault mengumumkan bahwa pabriknya di Sandouville, Barat Laut Prancis, terpaksa menghentikan produksi dalam upaya mencegah penyebaran serangan, yang menimpa sistem komputer pembuat mobil.

Baca juga : Pemimpin Dunia Bersatu Lawan Virus Ransomware dan Wannacry

Selain itu, mitra aliansi Renault, Nissan, juga dilanda serangan serupa di fasilitas Sunderland-nya, yang harus menerima dampak negatif pada produksi mobil-mobilnya termasuk Nissan Qashqai dan Infiniti Q30.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Renault Inggris mengatakan, Grup Renault mengkonfirmasi kalau itu murni karena serangan cyber global yang dimulai pada hari Jumat 12 Mei 2017, yang terdiri dari virus Ransomware.

Baca juga : Heboh Ransomwara Wannacry, Apa Itu?

“Tindakan proaktif segera diambil, untuk menghentikan penyebaran Virus dan melindungi aliansi kami. Diagnosis penuh sedang berlangsung, demi menerapkan solusi yang tepat untuk melanjutkan operasi di fasilitas kami," ujar pihak Renault.

Serangan cyber kali ini, disebut-sebut sebagai yang terbesar dari jenisnya dalam sejarah, di mana menginfeksi komputer dengan “ransomware” yang mengunci semua file di komputer dan meminta uang tebusan dibayar sebelum mereka dibuka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com