Cerita Pengujian “xDrive” BMW di Bromo - Kompas.com

Cerita Pengujian “xDrive” BMW di Bromo

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 16/05/2017, 08:22 WIB
Ghulam/KompasOtomotif salah satu model Seri X yang sedang melintasi zona x-treme angular climb.

Surabaya, KompasOtomotif – Teknologi penggerak empat roda BMW xDrive, yang disebut sebagai Intelligent All-Wheel Drive sudah tersedia hampir di seluruh model BMW, khususnya keluarga SUV, X Series.

Pada event yang ketiga kalinya ini “BMW Destination X Bromo”, peserta diajak untuk membuktikan langsung performa S Series dengan xDrive. Mengapa X Series saja?

Ini Merupakan salah satu segmen yang dianggap penting, di mana secara jualan, model-model ini berkontrbiusi mencapai 30 persen dari total produk BMW, atau penyumbang kedua tersebesar di Indonesia.

Diarsiteki oleh Gerry Nasution, BMW Certified Professional Trainer, beragam jenis zona pembuktian keunggulan produk BMW, salah satunya xDrive. Zona disediakan di Sea of Sand Gunung Bromo, dengan rekayasa bentuk jalan (ramp). Namun, tidak semua arena pengujian dilakukan sendiri.

Ramp pertama seperti alternate climb, di mana latihan ini dilakukan untuk mensimulasikan kondisi traksi ban diagonal dan keseimbangan berat diagonal mobil. Jadi ban depan kanan dan kiri kehilangan traksi, sementara yang sebaliknya memperoleh traksi.

Kemudian adal lagi two-wheels climb. Ramp ini mencontohkan kondisi jalan, yang memungkinkan mobil menggunakan dua kanan (depan belakang) melalui jalan yang miring. Ini bisa membuktikan kesmepurnaan keseimbangan, dan traksi maksimum diberikan pada roda lainnya, yang ada di sisi kiri.

Lalu sisanya masih ada lagi yang disebut xDrive Adventure X-Trem, di mana terdapat pos Balance Brigde, Angled Climb, Rollers Climb dan Angular Climb. Semuanya, terasa tak sulit untuk dilalui produk BMW, terutama  seri X-nya.

Berikut Videonya. 

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X