Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak "Adu Banteng" Corolla Lawas (Video)

Kompas.com - 16/05/2017, 07:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Paultan

Sydney, KompasOtomotif - Membuktikan kualitas mobil baru dan lama dalam hal keselamatan, Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) melakukan uji tabrak terhadap dua mobil dengan merek dan tipe yang sama namun beda generasi. Mobil tersebut adalah Toyota Corolla hatchback lansiran 1998 dan 2015.

Keduanya diadu dengan kecepatan 64 kpj dalam posisi tabrakan frontal alias "adu banteng". Dilansir dari Paultan, hal ini dilakukan untuk melihat perkembangan struktur keamanan mobil yang dilakukan produsen selama dua dekade terakhir.

Baca : Uji Tabrak buat Intropeksi Produsen di Indonesia

Dari uji tabrak tersebut, ternyata Corolla lansiran 1998 cukup babak belur karena harus mengalami kerusakan struktural yang parah. Boneka uji tabrak yang digunakan menunjukkan risiko cedera kepala, dada, dan kaki yang sangat tinggi untuk pegemudi di Corolla 1998.

Atas hasil tersebut, Corolla 1998 hanya meraih nilai 0,4 dari 16 poin yang disediakan, dalam kata lain mendapat bintang nol. Sedangkan untuk Corolla 2015 mencetak nilai 12,93 dar 16 poin dan mendapat peringkat keamanan bintang lima.


CEO ANCAP James Goodwing, menjelaskan hasil ini menyangkut tingkat kecelakaan fatal empat kali lebih tinggi untuk kendaraan yang lebih tua daripada kendaraan baru.

"Keselamatan buka kemewahan dan kami ingin semua orang tetap aman. Konsumen harus mencari mobil teraman yang mereka mampu dan mobil teraman yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hasil dari tes ini sangat mencolok dan industri otomotif, keuangan, dan asuransi dapat berperan membantu mendorong orang memasuki mobil baru yang lebih aman," kata Goodwing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Paultan


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com