Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Skor 0” Renault Duster Buatan India Saat Dites Tabrak

Kompas.com - 12/05/2017, 10:57 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

London, KompasOtomotif – Sepintas, Renault Duster yang diproduksi di Eropa (Dacia Duster) dan buatan India tampak sama. Namun perbedaan justru mencolok saat dites tabrak. Rilis Global NCAP untuk Duster buatan Negeri Taj Mahal sangat buruk, tak meraih bintang sama sekali.

Ya, mobil-mobil India, menurut beberapa media di Eropa, hampir selalu punya masalah yang sama. Tawaran rata-rata dari mereka adalah kantung udara standar berjumlah dua (bagian depan). Namun, airbag untuk Duster sebenarnya tak cukup menolong nyawa penumpang karena terlalu kecil.

Ironisnya, Duster buatan India tak dilengkapi fitur keamanan mumpuni. Kantung udara yang terpasang dianggap terlalu kecil dan tak mampu menahan kepala pengemudi untuk tak membentur setir saat celaka.

Makin menarik ketika Duster buatan Amerika Selatan yang dites dengan kapasitas sama pada 2015 malah mendapat skor 4 bintang. Perbedaannya adalah ukuran kantung udara yang sesuai dan bisa melindungi benturan.

”Ini akan menjadi masalah dalam pertemuan UN Road Safety Week, bahwa ada mobil dengan nilai 0 bintang pada tes kami di India. Renault memproduksi Duster di beberapa negara, dan tidak mewajibkan produsen untuk versi yang sama soal keamanan,” ujar Sekjen Global NCAP, David Ward.

Mulai 2017, India mengadopsi ketentuan tes dan kualitas dari UN, termasuk bagian depan dan samping yang tahan benturan. Namun kebanyakan mobil murah di sana akan tetap berlanjut tak menggunakan airbag.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com