Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta International Bike Week Catat Rekor

Kompas.com - 10/05/2017, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah sempat diundur, Jakarta International Bike Week (JIBW) 2017 akhirnya resmi digelar di Parkir Timur Senayan, Jakarta, selama dua hari (6-7/5/2017). Ajang yang menjadi pestanya para pengguna sepeda motor ini dihadiri ribuan biker dari semua merek dan kubikasi mesin.

Dengan total pengunjung 4.034 motor besar yang hadir, acara ini pun dinobatkan sebagai pengunjung motor besar terbanyak oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). Totap pengunjung ini memecahkan rekor sebelumnya yang hanya 1.003 motor dalam acara Reborn Indonesia, di Pantai Ancol, Jakarta Utara.

Baca : Diler Harley-Davidson di Indonesia Bertambah Lagi

Bukan hanya sekadar ajang kumpul biasa, kegiatan ini juga ikut diwarnai oleh beberapa aktifitas lain. Pada hari Minggu, para biker yang memadati JIBW 2017 turut mengkuti sunday morning ride yang terkenal dengan istilah sunmori.

Acara lelang Harley Davidson pun ikut digelar bersama dengan untuk motor Indian dari Victory Indian Motorcycle Indonesia. Dalam acara ini pula, para bikers melakukan petisi mengenai uji coba memperbolehkan motor besar untuk masuk melewati jalan tol, serta menyampaikan harapan kepada pemerintah dalam upaya menyelesaikan masalah motor tak bersurat.

“Ini bukan karena motor besar arogan, tapi akses ke jalan tol lebih ditujukan untuk tujuan mengubah pandangan biker manca negara bahwa Indonesia bukan neraka bagi pemotor karena masalah kemacetan. Harapannya mereka menjadi tidak  ragu untuk melakukan wisata motor baik di Jakarta dan bagian lain Indonesia,” ujar Irianto Ibrahim selaku Sekjen MBC dan Panitia JIBW 2017 dalam siaran resminya, Selasa (9/5/2017).

dok JIBW Jakarta International Bike Week (JIBW)

Tidak hanya itu, Irianto juga berharap ada keringanan dari pemerintah untuk membantu upaya menyelesaikan masalah motor tak bersurat. Hal ini dikarenakan banyak yang ingin mengurus surat motor namun tidak bisa dilakukan karena umur motor yang telah tua, dan lainnya. Para biker berharap ada titik temu, salah satu yang masuk ke dalam pertimbangan adalah mengenai pemutihan.

Baca : Citra Negatif Komunitas Moge, Apa Bisa Diubah

Pada kesempatan yang sama, Anak Elang sebagai diler resmi Harley Davidson di Indonesia ikut meluncurkan Anak Elang Harley-Davidson Signature Card. Kartu ini merupakan salah satu bagian dari layanan Anak Elang Harley-Davidson untuk mendukung program “Home for All Bikers”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com