Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kembangkan Bodi Aluminium

Kompas.com - 09/05/2017, 16:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Michigan, KompasOtomotif – Produsen otomotif terbesar Jepang, Toyota, berencana untuk mengembangkan material ringan untuk memenuhi standar efisiensi bahan bakar yang ketat. Penggunaan aluminium adalah salah satu yang masuk dalam pertimbangan.

Mengutip Carscoop dan Autonews, Selasa (9/5/2017)  Jim Lentz, CEO Toyota Motor North America mengatakan, untuk mengejar ketatnya aturan tersebut, tidak cukup hanya sebatas memodifikasi mesin saja, tapi juga mengarah pada material bodi.

"Kami harus melihat banyak cara berbeda untuk memperbaiki ekonomi bahan bakar. Jadi, jelas, kita akan melihat lebih banyak cara untuk menggunakan bahan ringan seperti aluminium di produk masa depan Toyota,” ujar Lentz.

Robert Young, Vice President Toyota yang bertanggung jawab terkai belanja yang pemasok mengatakan, panel bodi luar seperti hood (kap mobil) misalnya, adalah tempat yang relatif mudah untuk mulai menggunakan aluminium, tapi langkah besar berikutnya adalah membuat komponen platform dari aluminium.

“Memutuskan pilihan material antara aluminium dan baja, bisa saja membuat pengorbanan pada biaya, keandalan, kompatibilitas cat, dan kekuatan,” ujar Young.

Pertimbangan lainnya, lagi, peningkatan penggunaan aluminium juga tidak akan murah bagi Toyota. Pasalnya saat ini, Presiden Trump sedang mempertimbangkan tarif dan beberapa ukuran lain pada aluminium dan baja yang tidak dibuat di Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com