Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi "Curhat" Tentang Kesulitannya di Jerez

Kompas.com - 08/05/2017, 15:18 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Jerez, KompasOtomotif - Valentino Rossi akhirnya angkat bicara soal masalah performanya yang menurun di GP Spanyol. The Doctor ini juga mengakui bahwa laganya di Sirkuit Jerez merupakan pengalaman balap yang cukup sulit.

"Akhir pekan yang sangat sulit, dan tentu ini merupakan balapan yang sangat sulit juga untuk kami, terutama jika membandingkan dengan hasil tahun lalu di Jerez," ujar Rossi yang dikutip dari Motorsport, Minggu (7/5/2017).

Baca : Pedrosa Raih Podium Istimewa, Lorenzo Akhirnya "Pecah Telur"

Bagi sebagian penggemarnya, penampilan Rossi di Jerez memang sedikit mengecewakan. Padahal pada musim 2016 lalu, di lokasi yang sama, Rossi bisa tampil dominan, tapi kali ini pebalap bernomor punggung 46 ini sama sekali tidak berkutik. Bahkan Rossi salip dengan mudahnya oleh pebalap satelit Johan Zarco yang finis di urutan keempat.

Putara ke-14 menjadi momen Rossi mulai tertinggal jauh. Mulai dengan Maverick Vinales dan Dovizioso yang meninggalkan Rossi, sampai ia pun harus tunduk dan memberikan jalan pada pebalap satelit Danilo Petrucci dari Pramac Racing, serta Jonas Folger dari Monster Yamaha Tech3.


"Saya kesulitan dengan kecepatan dalam akselerasi. Hal ini menjadi masalah utama sepanjang akhir pekan," kata Rossi.

"Kami mencoba untuk memodifikasi keseimbangan, karena khwatir dengan usia ban belakang yang menggunakan kompon medium, kami tidak mungkin memakai kompon hard, karena kami mencoba untuk mengurangi kemungkinan melintir. Tapi itu pun lebih buruk karena saya kehilangan feeling di bagian depan, balap juga menjadi sulit untuk mengerem dan masuk tikungan," ucap Rossi yang pernah sembilan kali menjadi raja di Sirkuit Jerez.


Vibrasi Ban

Pada lap keenam dan ketujuh, lanjut Rossi, sisi kiri ban mulai mengalami vibrasi yang sangat tinggi. Akibat hal tersebut saya harus mereduksi kecepatan dan melambat sampai tiga detik setiap putaran. Namun saya beruntung bisa tetap menyentuh garis finis.

motorsport.com Valentino Rossi kalah bertarung dengan salah satu pebalap satelit.

"Saya tidak bisa bicara soal degradasi ban, karena saya tidak pernah mendapat cengkraman, tapi saya mengalami banyak gejala melintir, hal ini sama seperti saat kualifikasi menggunankan ban soft. Nampaknya saya tidak pernah punya feeling baik dengan motor sepanjang akhir pekan lalu," ucap Rossi.

Menurut Rossi, dia dan tim sudah sudah mencoba banyak hal, namun hasilnya selalu berujung pada kesulitan.

"Kenapa? saya tidak tahu. Sekarang kami akan melihat data, biasanya di trek ini akan ada banyak spinning, terutama tahun lalu, tapi kali ini kami lebih kesulitan. Tampaknya motor kami selalu melawan performa ban selama akhir pekan, kami tidak menemukan grip yang baik, dan semua ini membuat segalanya lebih sulit," papar The Doctor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com