Perkakas Revolusioner yang Belum Pernah Terpikir - Kompas.com

Perkakas Revolusioner yang Belum Pernah Terpikir

Donny Apriliananda
Kompas.com - 07/05/2017, 15:56 WIB
KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kunci L bentuk gantungan, tapi menggunakan ukuran inci.

Jakarta, KompasOtomotif – Ketika perkakas untuk otomotif yang banyak digunakan montir sudah dianggap biasa, salah satu booth di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 justru menaikkan kelasnya lebih revolusioner.

Jalan ke Hall C JI Expo, Kemayoran, KompasOtomotif menemukan perkakas-perkakas unik itu, disajikan PT Multindo Sejahtera lewat brand Maxpower. Perkakas tersebut sebenarnya punya fungsi sama, namun penggunaan dan kepraktisannya seperti tak terpikir sebelumnya.

Contoh, dari ratusan perkakas, terdapat ”kunci L”, tapi dengan ukuran inci. Bentuknya pun praktis, seperti pisau lipat, menyajikan banyak ukuran. Ukuran ”inci” memang jarang ditemukan, bahkan untuk motor-motor Jepang tak ada yang pakai ukuran inci untuk kunci-kuncinya.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kunci pas delapan mata.
”Kebanyakan motor memang pakai ukuran milimeter. Kalau inci biasanya digunakan motor-motor Inggris. Karena memang kami membuat produk ini atas request dari klub Brotherhood (BBMC) yang kebanyakan pakai motor kuno dari Inggris,” kata Funardi Tjiptahardja, Manajer Operasional Multindo Sejahtera, (6/5/2017).

Kunci L itu seperti pada umumnya, digunakan utnuk membuka baut yang dalamnya bolong dengan luaran segi enam. Kunci L milik Maxpower ujungnya bentuk bulat, jadi bisa dimasukkan dari sudut manapun, tak harus bentuk ”L”. Alat ini cuma dijual Rp 72.000.

Perkakas unik lainnya adalah kunci dengan delapan mata. KompasOtomotif belum menemukan kunci macam ini di mana pun. Dalam satu gagang, ada delapan ukuran kunci. Sisi sebelah ada ukuran 12,13, 14, 15 mm. Bagian satunya, ada ukuran 16, 17, 18, 19 mm. Tinggal putar ke ukuran yang diinginkan.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kunci inggris yang tak lagi pakai pemutar untuk menyesuaikan dengan ukuran baut.
Satu lagi, ”kunci inggris” unik. Jika biasanya, kalau pengguna menginginkan ukuran yang berbeda harus diputar dulu, alat yang dipajang di sini cukup diubah dengan menggeser tombol pada bodi kunci. Sangat praktis, yang bahkan sebenarnya simpel, tapi tak pernah terpikir.

Memang, kelemahannya adalah harga sedikit lebih mahal, atau di atas rata-rata kunci-kunci sejenis. Tapi jika dilihat fungsinya, mungkin alat-alat ini cukup wajar dijual mahal.

Lebih dari 1.000 item kunci dan perkakas itu ternyata sudah beredar di banyak toko perkakas di Jakarta dan beberapa daerah. Tapi Multindo juga memajangnya via beberapa toko online sejenis Tokopedia, Lazada, atau Bli Bli.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X