Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Landy" Bertenaga 2.000 Tk Catat Sejarah Dunia

Kompas.com - 07/05/2017, 11:57 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Las Vegas, KompasOtomotif – Toyota memecahkan rekor baru, di mana sport utility vehicle (SUV) miliknya Land Cruiser berhasil menjadi yang tercepat di dunia. Modifikasi performa Landy ini pertama, diperkenalkan pada pameran SEMA (Specialty Equipment Market Association) 2016 lalu.

Mengutip Carscoops, Sabtu (6/5/2017) Land Speed Cruiser Toyota ini punya tenaga sampai 2.000 tk, dan modifikasi ini baru saja menyelesaikan kecepatan tertinggi, mencapai 230mph atau 370 kpj, di mana ini diklaim sangat mengesankan.

Tentunya tidak mudah untuk mengubah salah satu truk paling legendaris di dunia ini, untuk melaju secepat itu, tapi Toyota bertekad membuat "Land Speed Cruiser" menjadi kenyataan, bukan sekadar mobil pertunjukan saja.

Di bawah bonnet, masih tampak mesin V8 5,7L di mana sama seperti yang ada di Land Cruiser biasa. Namun dalam kasus ini, mesin disodorkan dua turbocharger besar, yang berada tepat di belakang bumper depan. Bagian dalam mesin juga diperbarui, dengan piston yang lebih kuat, disertai manifold intake yang dikustom.

Carscoops Diklaim menjadi SUV tercepat di dunia dengan sebutan Land Speed Cruiser.

Ubahan tersebut yang kemudian menghasilkan tenaga lebih dari 2.000 tk, disalurkan via transmisi balap custom, yang bisa mengatasi limpahan tingkat tenaga besar. Sementara untuk urusan sasis, juga telah dimodifikasi, demi membuat mobil lebih ceper.

Pebalap NASCAR, Carl Edwards yang berhasil juga membuat Toyota Land Speed Cruiser mencapai 370 kpj. Trek di kawasan "Mojave Air and Space Port" disebut terlalu pendek, yang lantas membangun asumsi kalau SUV Toyota ini bisa melaju lebih cepat lagi, jika ada jalur yang cukup jauh.

"Tidak peduli apa yang terjadi, intinya tetap jaga kaki, dan kami mendapat 230 mph. Ini cukup aman untuk mengatakan kalau ini adalah SUV tercepat di planet ini,” ujar Edward.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com