Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Medium Tata Goda Pengusaha Travel

Kompas.com - 04/05/2017, 11:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Selain dua kendaraan pikap, Tata Motors Distribusi Indonesia (TDMI) juga meluncurkan bus medium, LPT 407, pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Bus ini hadir sebagai pelengkap dari model sebelumnya yang diluncurkan tahun lalu, yakni LP 713.

Tata LPT 407 hadir sebagai pilihan baru di segmen bus medium yang menawarkan kelapangan dibandingkan rival sekelasnya. Dengan dimensi yang lebih lebar, diklaim membuat kabin lebih nyaman, apalagi dengan konfigurasi kursi dua baris pada sisi kanan-kiri yang membuat lorong tengah cukup lapang untuk berlalu-lalang.

Baca : Tata Siap Sambut Penerapan Euro IV Diesel

Wilda Bachtiar, Marketing Manager-Commercial Vehicles TMDI, menjelaskan bahwa Tata cukup optimis pada LPT 407 yang menyasar segmen transportasi pariwisata atau travel.

"Kami siap melayani permintaan bus medium dari perusahaan travel dan instansi pemerintah melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Potensi bisnis kendaraan bus akan terbuka luas seiring pembangunan proyek infrastruktur pemerintah yang sangat massif," ucap Wilda dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Stanly/KompasOtomotif Interior Tata LPT 407

Selain infrastruktur, banyaknya pembenahan transportasi perkotaan dan tumbuhnya bisnis travel di semua poropinsi Indonesia dianggap Wilda ikut mendorong rasa optimistis Tata bermain di segmen medium bus. 

Bicara soal penunjang keselamatan, bus asal India ini telah dibekali dengan dua pintu akses keluar masuk di sebelah kiri depan dan belakang. Sesuai standar keselamatan internasional, LPT 407 juga tidak mengaplikasi pintu sopir bus, dan menyediakan pintu darurat di sebelah kanan bagian belakang serta dua jendela darurat di atap.

Baca : Tata Motors Tambah Kemudahan Bagi Konsumen

Sedangkan untuk sektor tenaga, LPT 407 sudah ditunjang dengan mesin 4SP Turbo Intercooled berkapasitas 2.956 cc. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 100 ps pada 2.800 rpm, dan torsi hingga 300 Nm pada rpm 1.400-1.500.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com