Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/05/2017, 09:21 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain deretan mobil, Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga ikut membawa Suzuki GSX-150 Series dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Tidak hanya versi standar, tapi juga ada model modifikasi yang bisa menjadi inspirasi bagi para calon pemiliknya.

Ubahan pada Suzuki GSX R-150 cukup menyita perhatian. Pasalnya, dari tongkrongan aslinya, motor bergere sport ini dirombak menggunakan gaya sebuah cafe racer yang dibuat oleh workshop Insan Motor.

Baca : Scrambler Harian ala Suzuki Thunder 250

Meski tetap menggunakan beberapa perangkat bawaan pabrik, namun bukan berarti ubahannya minimalis. Seluruh cover ditelanjangi habis-habisan hingga jeroan terlihat jelas.

Penegasan konsep cafe racer bisa diperhatikan mulai dari tampilan depan. Lampu utama diganti menggunakan model aftermarket daymaker kepunyaan headlamp Jeep Rubicon dengan model bulat, sedangkan bagian setang tetap punya pabrikan.

Stanly/KompasOtomotif Detail ubahan Suzuki GSX Cafe Racer

Pindah ke sektor tengah, jok standar sudah diganti dengan model single seater lengkap bersama hornet alias buntut tawon khas cafe racer. Untuk urusan ini, Insan Motor membuatnya secara handmade yang kemudian dibalut dengan lapisan carbon fiber agar kesan sporty tetap maksimal.

Meski tampil naked, bukan berarti tidak ada cover yang tersisa. Untuk memberikan kesan berbeda, diberikan fairing minimalis dari plat galvanis 1,2 mm pada sektor bawah tangki. Setelah itu, semuanya dilapis ulang dengan pernis dari Sikkens.

Bagian kaki-kaki memang masih standar, tapi pelek sudah menggunakan model aftermarket dengan lebar 4,5 inci pada bagian belakang dan tiga inci di depan. Tidak hanya itu, agar terlihat lebih berisi, sektor depan sistem pengereman digandakan menjadi double disk.

Stanly/KompasOtomotif Suzuki GSX Cafe Racer

Sayangnya, sektor mesin masih terlihat gersang, alias kurang sentuhan, terutama pada bagian wadah air coolant radiator. Mungkin dengan membuat cover penutup atau meng-kustom ulang akan lebih menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com