Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muka Lama yang Masih Jadi Andalan di IIMS 2017

Kompas.com - 01/05/2017, 10:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Di tengah berbagai mobil model baru yang bertebaran di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, terselip muka-muka lama yang masih saja jadi andalan. Mereka-mereka ini sebagian besar menunggu model baru dan sepertinya pasrah dengan hasil penjualan.

KompasOtomotif berusaha menyisir di Hall A dan D JI Expo, Kemayoran, Jakarta, tempat di mana mobil-mobil penumpang mejeng. Ada beberapa nama yang muncul di kategori lawas dan sedang menanti nasib selanjutnya. Berikut daftarnya:

1. Mitsubishi Outlander Sport. SUV medium ini terakhir dilakukan penyegaran pada 2014. Sudah tiga tahun lamanya model ini seperti menanti keberuntungan di setiap pameran. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun lalu, total penjualan Outlander Sport hanya 1.812 unit dari 97.758 unit total Mitsubishi (termasuk kendaraan niaga). Tiga bulan pertama tahun ini bahkan tambah lesu, hanya terjual rata-rata 70-90 unit sebulan.

2. Kia Picanto. Model ini juga sedang menanti ajal. Bahkan Presiden Direktur PT Kia Mobil Indonesia Iki Wibowo sudah membocorkan bahwa generasi yang sekarang sedang memasuki sisa masa hidup. Facelift sudah dilakukan pada awal 2015 silam, namun tetap pamornya mulai tertelan LCGC. Penjualannya flat terus, rata-rata cuma 20 unit per bulan sejak tahun lalu hingga kuartal pertama 2017.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Nissan, Renault, dan Datsun tampil minimalis di IIMS 2017
3. Nissan Grand Livina. Berkali-kali KompasOtomotif menanyakannya ke PT Nissan Motor Indonesia, bahwa model ini seharusnya sudah mengalami penyegaran signifikan kembali. Model yang ada saat ini sudah mengaspal sejak 2013, alias sudah hampir mencapai empat tahun, meski ada beberapa facelift dalam fase tersebut. Dari penjualan juga kurang menyegarkan, rata-rata 200-500 unit sebulan tahu lalu. Kuartal pertama tahun ini naik sedikit, antara 600-900 unit sebulan.

4. Karimun Wagon R. Belum ada perubahan signifikan sejak muncul pertama kali pada 2014 silam. Tapi Suzuki Indomobil Sales (SIS) berupaya untuk terus melakukan update dengan menghadirkan tipe GS, juga transmisi Automated Gear Shift (AGS) pada 2015 silam. Kabarnya, akan ada model baru tahun ini, termasuk tipe dengan konfigurai tempat duduk tujuh penumpang. Tiga bulan pertama tahun ini terjual fluktuatif 500-800 unit sebulan.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kia Picanto generasi kedua sudah meredup, bakal digantikan dengan generasi ketiga.
5. Toyota Avanza-Daihatsu Xenia. Si kembar yang satu ini rasanya tak butuh model baru. Model yang sekarang adalah generasi kedua, meluncur sejak 2011, lalu diperbarui lagi pada 2015 dengan nama Grand New Avanza dan Great New Xenia. Mereka berdua masih menjadi tulang punggung penjualan, dan rasanya hanya butuh penyegaran kecil-kecil. Avanza masih terjual 10.000-13.000 unit sebulan pada kuartal pertama tahun ini, sementara Xenia bertahan di 3.000-4.000 unit sebulan.

6. Mazda CX-5. Model ini juga menanti generasi terbaru yang dibocorkan oleh PT Eurokars Motor Indonesia akan meluncur akhir tahun ini. CX-5 masih menjadi tulang punggung, hingga akhirnya muncul CX-3 yang kemungkinan akan mengungari penjualannya di masa akan datang. Tahun lalu, CX-5 terjual sekitar 1.300-an unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com