Impresi Awal Motor "Murah" BMW (Video) - Kompas.com

Impresi Awal Motor "Murah" BMW (Video)

Stanly Ravel
Kompas.com - 29/04/2017, 07:56 WIB
Stanly/KompasOtomotif G310R Jadi Motor Termurah BMW di Indonesia

Jakarta, KompasOtomotif - PT Maxindo Moto sebagai agen tunggal pemegang merek BMW Motorrad di Indonesia resmi meluncurkan G310R. Sepeda motor buatan India ini hadir sebagai produk termurah BMW di Indonesia dengan kubikasi mesin terkecil diantara jajaran produk lainnya.

Dari desainnya, tampangnya menyuguhkan aura sporty, mulai dari cover headlamp hingga alur yang mangalir sampai buritan belakang. Sedangkan untuk bentuk tangkinya dirancang seakan mengikuti lekuk tubuh pengendara yang berpadu dengan model jok tebal yang nyaman disinggahi.

Tapi bila dilihat secara keseluruhan, "tongkrongannya" terasa tidak begitu istimewa. Secara kasat mata sektor depan terkesan pasaran dengan motor sport merek Jepang yang sudah lama hadir di Indonesia, apalagi ketika melihat tatanan menu di handlebar yang sangat biasa untuk seukuran motor berlebel BMW.

Stanly/KompasOtomotif Detail tampilan G310R di Indonesia
Baca : BMW R NineT Racer, Kental Nuansa Klasik

Satu-satunya hiasan yang cukup modern hanya kehadiran speedometer digital yang letaknya tepat di atas lampu utama. Sedangkan sisi kiri dan kanan hanya terdapat tombol fungsi yang sudah sangat biasa terlihat pada motor reguler pada umumnya.

Pindah ke bagian belakang, BMW rupanya sedikit mencoba membawa kesan naked bike pada G310R. Hal ini terlihat dari minimnya fairing serta tampilan belakang yang lebih kosong, namun begitu kaki-kaki tetap kekar dengan sok upside down berkelir emas, dan monoshock guna menunjang swing arm-nya.

Stanly/KompasOtomotif Sektor kaki-kaki nampak kekar dengan penunjang up sidedow

BMW mengklaim dengan material alumunium, swing-arm G310R jauh lebih ringgan namun tetap kuat serta mampu menghadirkan stabilitas tinggi.

Masuk keurusan performa, G310R mengaplikasi mesin berkapasitas 313 cc, mesin ini menjadi yang terkecil bila dibandingkan seri lainnya. Dari data di atas kertas, R NineT 2017 mampu memproduksi tenaga sebesar 34 PS dengan torsi 28 Nm pada putaran 7.500 rpm.

Jadi meski secara penampilan mirip-mirip dengan motor sport Jepang, tapi soal tenaga BMW menang telak. Sedangkan untuk harga on the road, motor blasteran Jerman dan India ini dipasarkan Rp 107, 5 juta untuk Jakarta.

Stanly/KompasOtomotif BMW G310R IIMS 2017
Baca : Moge murah BMW G310R Meluncur di IIMS

Mungkin banderol tersebut cukup mewadahi para pecinta motor sport yang menginginkan motor dari brand premium namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Supaya tidak penasaran, coba simak impresi awal KompasOtomotif untuk BMW GT310R.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar