Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All New Rio Dijadikan Kia Sebagai ”Sales Booster”

Kompas.com - 28/04/2017, 09:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Meluncurnya All New Rio di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 dijadikan PT Kia Mobil Indonesia (KMI) sebagai pendongkrak penjualan di masa akan datang. Kontribusi model hatchback itu diharapkan mencapai 30 persen dari total penjualan tahunan.

Iki Wibowo, Presiden Direktur KMI, di JI Expo, Kemayoran, (27/3/2017), mengatakan bahwa Rio baru ditambah dengan Sedona akan menjadi tulang punggung selanjutnya. Apalagi, Picanto sedang lesu karena kemungkinan besar konsumen menunggu model baru.

”Saat ini Rio (model lama) memang tidak terlau besar (penjualannya). Pasar hatchback didominasi merek Jepang. Apalagi status Rio CBU, suplai terbatas. Sedangkan produsen lain yang sudah merakit di sini, volumenya besar. Tapi adanya All New Rio, saya rasa akan meningkatkan penjualan,” ujar Iki.

KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Mobil New Kia Rio dipamerkan saat Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (27/4/2017). Pemeran otomotif yang akan berlangsung hingga 7 Mei 2017 itu diikuti pelaku industri otomotif di Tanah Air dengan menampilkan produk unggulan.
Tahun ini, KMI membidik penjualan 3.000-an unit, atau naik 100 persen dibandingkan tahun lalu yang finish di kisaran 150 unit. Kenaikan dahsyat itu tentu akan disumbang oleh Rio, plus Sedona yang sekarang masih inden. Kabarnya, KMI juga akan meluncurkan Picanto baru.

Hadirnya All New Rio otomatis membuat model lama yang tersisa bakal di-run out, alias dijual cepat. Kemungkinan bakal ada diskon, dan Iki pun mengakuinya.

”Stok masih ada di diler. Sial diskon, memang seperti pada umumnya, barang yang memasuki end of life akan ada pertimbangan-pertimbangan khusus. Bisa ditanya ke diler,” ujar Iki.

Di IIMS 2017, KMI membidik penjualan keseluruhan 150 unit dengan komposisi kontribusi yang sama seperti target penjualan secara nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com