Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Siap Sambut Penerapan Euro IV Diesel

Kompas.com - 28/04/2017, 08:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pemerintah akhirnya siap menetapkan standar emisi Euro VI dan meninggalkan Euro II pada 2018 mendatang. Meski demikian, regulasi tersebut baru hanya untuk mesin penenggak bensin, sedangkan untuk diesel penerapannya baru akan dilakukan empat tahun lagi.

Menyambut kabar tersebut, Presiden Direktur Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) Biswadev Sengupta yang memasarkan semua kendaraan niaganya dengan mesin diesel, mengatakan sudah siap untuk mengikuti regulasi tersebut.

Baca : Tata Luncurkan Tiga Mobil "Penghasil Duit" di IIMS 2017

"Kendaraan bermesin diesel masih punya beberapa waktu lagi untuk penerapan Euro IV. Saat ini di India produk kami sudah lebih dulu mengarah ke Euro IV, jadi ketika nanti regulasi di Indonesia di tetapkan kami sudah ada produknya," papar Biswadev dalam seremoni peluncuran tiga varian barunya di Jakarta, Kamis (27/4/2017).


Stanley R/KompasOtomotif TMDI meluncurkan Tata Xenon HD dan Super Ace HT DLS, serta mini bus LPT 407.

Menurut Biswadev, India juga saat ini sudah mulai ketat dengan emisi gas buang. Agar bisa mengikuti regulasi tersebut, industri otomotif di India mulai mergerak pada standar emisi Euro IV.

"Kami sangat yakin bisa mengikuti kebijakan saat diterapkan di Indonesia. Sejujurnya kami tidak khawatir dengan regulasi tersebut karena ini justru sangat bagus untuk diterapkan mengingat semua negara berkembang juga sudah mulai peduli dengan masalah gas buang bagi lingkungan," kata Biswadev.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com