Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siap Produksi Motor Listrik di Indonesia

Kompas.com - 28/04/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Raksasa sepeda motor roda dua asal Jepang, Honda, menyebut bakal memperkenalkan model motor bebek listrk di 2018 secara global (EV-Cub). Lalu informasi terbaru  dari PT Astra Honda Motor (AHM), Indonesia juga bakal memproduksi motor listrik tersebut.

Masih belum jelas, apakah Indonesia bakal menjadi basis produksi dunia untuk motor listrik atau  hanya sekedar memenuhi kebutuhan domestik. Namun, akan sulit jika investasi line produksi baru hanya untuk pasar dalam negeri yang permintaan serta infrastrukturnya belum mapan, jadi kemungkinan besar juga untuk ekspor.

Baca juga : Motor Listrik “Bebek” Honda Bakal Sulit Dipasarkan

“Tahun lalu kami pernah mengatakan kalau kami akan memproduksi EV-Cub tahun depan, dan target kami memang tetap tahun depan. Di mana akan memproduksi model listrk 2016. Namun masih belum diketahui apakah itu EV-Cub atau ada model lainnya,” ucap  Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM, Kamis (27/4/2017).

Semangat ini juga semakin mengemuka pasca hadirnya Peraturan Presiden nomor 22 Tahun 2017 mengenai Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) menyebut kalau Indonesia harus sudah memiliki popluasi sepeda motor listrik sebanyak 2,1 juta unit di 2025.

Baca juga : Gesits Jepang Jangan Serakah

“Saat ini kami sedang riset dan mempelajari lebih jauh. Angka yang ditetapkan cukup tinggi, dan ini sebuah tantang, dan tapi kami akan terus menantang diri kami,” ucap Inuma.

Bukan hanya Honda, jika tetap pada jalurnya, calon skutik nasional Gesits, garapan Grup Garansindo dan Institut Sepuluh Nopember (ITS) sudah bakal lebih dahulu melalukan produksi massal diakhir 2017 atau pada 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com