Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Dijualnya Ducati oleh VW Semakin Santer

Kompas.com - 27/04/2017, 07:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bologna, KompasOtomotif – Sempat mencuat Juni 2016 lalu, kabar akan dijualnya Ducati kembali mengemuka. Memang masih belum dikonfirmasi pihak Volkswagen sebagai pemilik sahamnya, tapi kemungkinan dilepasnya semakin santer.

Dari dua sumber Reuters, Rabu (25/4/2017) yang mengetahui rencana tersebut, kembali memberikan informasi. Volkswagen mempertimbangkan kemungkinan menjual Ducati, dan berusaha untuk merampingkan operasi untuk mendanai perombakan strategis pasca-Dieselgate.

Pihak Volkswagen telah mulai menjangkau pembeli potensial. Namun sampai saat ini, belum ada keputusan yang diambil. VW juga sudah menugaskan analis dari Evercore untuk melakukan penilaian terhadap Ducati.

Penjualan Ducati kemunginan besar juga akan menarik minat kelompok produsen otomotif di China, Hero India atau investor seperti salah satu konsorsium yang membeli mobil sport Inggris, Aston Martin pada 2007. Bahkan ada kemungkinan juga pesaing seperti Harley Davidson, Kawasaki, dan Honda bisa tertarik.

Pihak VW pada Juni 2016, mengatakan, bahwa mereka akan meninjau portofolio aset dan mereknya. Situasi tersebut menggiring opini para analis, di mana kemungkinan bisnis "non-inti" Volkswagen seperti Ducati atau bisnis mesin diesel untuk alat berat bisa dijual.

Matthias Mueller, Chief Executive, saat dijumpai pada konferensi pers tahunan 14 Maret 2017 lalu mengatakan, kalau tinjauan ini telah menghasilkan kesimpulan. Namun, sampai saat ini produsen mobil tersebut masih belum mengumumkan apa-apa.

Pada 2016 lalu, Ducati membukukan penjualan 593 juta euro atau Rp 8,6 triliun, menurut sebuah laporan tahunan yang diumumkan pihak Audi. Ducati diakuisisi Volkswagen AG pada 2012 lalu dengan gelontoran dana mencapai 860 juta euro atau Rp 12 triliun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com