Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Baru di Cikarang, Simbol Ambisi Mitsubishi

Kompas.com - 26/04/2017, 15:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Cikarang, KompasOtomotif – Peresmian pabrik baru Mitsubishi di Greenland International Industrial Center (GIIC) Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/4/2017) masih menjadi buah bibir di industri otomotif Tanah Air.

Bagaimana tidak, saat Mitsubishi membuka pabrik, Presiden Republik Indonesia  Joko Widodo turun langsung untuk melakukan peresmian. Sementara merek lain, terutama Toyota sang pemimpin pasar, tak pernah didatangi Presiden, seperti saat membuka pabrik mesin barunya di Karawang awal 2016 lalu.

Osamu Masuko, President and CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengatakan, kalau pabrik ini merupakan sebuah ambisi. Bukan hanya sekedar berbisnis tapi menargetkan untuk bisa menjadi pemimpin pasar di Indonesia.

“Fasilitas perakitan Bekasi merupakan simbolisasi ambisi kami untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia, di mana pabrik ini akan memproduksi Pajero Sport dan MPV terbaru. Ini juga memungkinkan kami untuk mengembangkan porsi pasar, di mana telah berada selama lebih dari 45 tahun,” ujar Masuko, Selasa (25/4/2017).

Pabrik ini memakan dana investasi mencapai 65 miliar yen atau Rp 7,7 triliun dan akan mempekerjakan 3.000 orang, dengan kapasitas produksi sebesar 160.000 unit per tahun. Pihak kompetitor dari merek Toyota, bahkan pernah menyebut kalau pembangunan pabrik baru dengan investasi besar ini, menunjukkan kalau Mitsubishi kali ini tidak main-main di Indonesia.

“Pabrik ini merupakan representasi dari kepercayaan diri kami di Indonesia. Kami bangga dapat turut menciptakan lapangan kerja dan berinvestasi, di salah satu wilayah dengan kekuatan ekonomi terbesar, yang bakal jadi basis produksi dan ekspor, untuk aliansi (Nissan-Mitsubishi),” ujar Carlos Ghosn Chairman MMC dan Aliansi Renault-Nissan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com