Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Indonesia Siap Sokong Penuh i8 Hybrid

Kompas.com - 26/04/2017, 14:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Serpong, KompasOtomotif – Mulai dikirimnya BMW i8 ke tangan konsumen oleh BMW Indonesia tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak tahapan yang harus dilalui, termasuk menyiapkan segala sesuatunya dari hulu ke hilir, termasuk jaminan servis dan kesiapan mekanik.

Jika dirunut ke belakang, i8 memang mengalami fase yang cukup panjang ketika akan melaju di jalanan Indonesia. Pertama kali model ini diperkenalkan ketika BMW Indonesia membawa i8 model pre-production pada 2014 silam.

”Jadi untuk memperkenalkan sebuah brand, itu butuh waktu. Kami perkenalkan brand-nya seperti apa, kami kenalkan ekosistemnya, bahwa BMW i itu tidak bisa berdiri sendiri, yang pasti butuh dukungan dari pemerintah, dan semua stakeholder,” ujar Jodie O’Tania, Vice President Corporate Communications BMW Indonesia, (25/4/2017), di Serpong, Tangerang.

Dia pun kembali menceritakan, bahwa setelah dikenalkan pada 2014, i8 terus dikomunikasikan ke publik selama setahun penuh, meski ”barang”-nya belum ada di diler. Bahkan diler yang melayani khusus model ini seperti yang baru dibuka di Serpong pun belum berdiri.

KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Aktivitas teknisi deler BMW serpong saat peresmian diler BMW Serpong di Kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Selasa (25/4/2017). Diler BMW Serpong ini merupakan diler resmi pertama di Indonesia yang memiliki akses dan fasilitas dalam menangani kendaraan-kendaraan BMW seri i.
Akhirnya, i8 meluncur di depan publik Indonesia secara resmi pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), November 2016 lalu. Itu pun, para pemesan yang dikatakan sudah memenuhi harapan, harus menunggu sampai kuartal pertama 2017.

”Jadi setiap kali menghadirkan kendaraan (baru), kami harus pastikan dari hulu ke hilir semua sudah siap. Mulai diler, dukungan aftersales, teknisi, dan ahlinya, terutama yang berkaitan dengan BMW i. Karena punya high voltage engine, memerlukan orang yang dilatih sedemikian rupa dan disertifikasi,” ucap Jodie.

Ketika diler PT Astra International Tbk-BMW Sales Operations (AI-BSO) diresmikan, (25/4/2017), artinya bahwa BMW sudah ”siap lahir dan batin” melayani konsumen yang ingin memboyong Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) itu.

”Diler BMW di Serpong ini akan menangani semua yang berkaitan dengan i8, mulai perbaikan, perawatan, juga pembelian,” kata Jodie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com