Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Astra Siap Gandeng Merek Korea?

Kompas.com - 24/04/2017, 13:04 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Astra International Tbk (Grup Astra) akhir-akhir ini dibombardir dengan sejumlah isu. Tak hanya dikabarkan renggang dengan Peugeot, grup otomotif terbesar di Indonesia itu juga tengah dilanda gosip siap caplok salah satu merek Korea Selatan untuk menjadi bagian dari perusahaan.

Baca: Klarifikasi Astra Soal Retaknya Hubungan dengan Peugeot

Kabar tentang pendekatan Grup Astra dengan merek Korea Selatan ini muncul menyeruak ketika sumber KompasOtomotif memberikan sinyal ”pedekate” itu terhadap salah satu merek—bisa Hyundai atau KIA—meski masih berada di ranah ”abu-abu”.

KompasOtomotif langsung menanyakan kabar ini kepada jajaran direksi Grup Astra usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, belum lama ini. Jawaban pun datang dari Presiden Direktur, Prijono Sugiarto.

”Saya kira itu lebih banyak soal rumors. Saya nggak tahu juga, nggak pernah dengar. Anda dengar dari mana kok (merek Korea Selatan) nggandeng Astra atau kebalikannya?,” ucap Prijono bertanya balik.

Dirinya menjelaskan bahwa Grup Astra masih ”sangat bahagia” kawin dengan merek-merek yang saat ini eksis seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, dan lainnya.

Prijono pun meminta para wartawan melihat perkembangan pangsa pasar dan lain-lain dari grup yang diklaim bukan main. Dalam tiga bulan pertama 2017 saja, Astra sudah mencapai 57 persen market share (pasar mobil).

”Kalau ada sesuatu yang aneh, pasti pangsanya tidak segitu.  Jadi, dalam kesempatan ini, saya harus tepis, tidak ada ada itu pemberitaan tentang hal tersebut (pendekatan dengan merek Korea Selatan),” ujar Prijono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com