Keliling Jakarta Naik Generasi Baru Scoopy - Kompas.com

Keliling Jakarta Naik Generasi Baru Scoopy

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 24/04/2017, 07:43 WIB
Ghulam/KompasOtomotif Honda All-New Scoopy.

Jakarta, KompasOtomotif – Di segmen skuter listrik retro modern 110 cc, PT Astra Honda Motor (AHM) hadirkan Honda All-new Scoopy, yang selama ini menjadi rival Yamaha Fino. Diperkenalkan pada akhir Maret 2017 lalu, Scoopy terbaru ini dibanderol Rp 17,8 juta OTR Jakarta.

Berkesempatan untuk menjajalnya, redaksi KompasOtomotif mengajak berkendara keliling Jakarta. Pertama kali mengunggangi, tubuh tidak perlu bekerja keras untuk menyesuaikan, pinggul juga terasa pas, ketika pertama menyentuh jok.

Memiliki bobot hanya 99 kilogram, tidak sulit dan keberaran mengeluarkannya dari parkiran. Putar kunci kontak ke arah kanan, mesin lantas dinyalakan, dengan menekan tombol starter elektrik pada kemudi bagian kanan.

Lanjut berkendara, posisi badan juga tidak terlalu condong ke depan dengan jarak antara tubuh dan kemudi atau setang tidak terlalu jauh, sehingga sedikit membentuk sudut pada siku tangan bagian dalam. Efeknya, lengan tidak begitu terbebani karena menopang badan, ketika dalam perjalanan.

Ghulam/KompasOtomotif Honda All-New Scoopy.

Performa dan “Handling”

Mengadopsi mesin 110cc 4-langkah SOHC dengan pendingin udara, terasa cukup untuk menemani berkendara dalam kota, dengan gaya berkendara stop and go, tapi dengan catatan tanpa berboncengan.

Walaupun begitu, tidak dipungkiri kalau memang harus ada usaha lebih (tarik gas dalam), dari posisi diam sampai melaju. Di atas kertas, Scoopy terbaru sanggup menyemburkan tenaga sampai 9,1 PS @7.500 rpm, dengan torsi maksimal sebesar 9,4 Nm @6.000rpm.

Meski gaya berkendara yang ditawarkan skutik retro modern ini bernuansa joyfull dan santai, bukan berarti membatasi kemampuannya mengakomodir berkendara agresif. Sepeda motor terasa stabil ketika diajak “ngebut” dan tetap seimbang saat berjalan pelan.

Kekhawatiran soal kehilangan kenyamanan karena pergantian ukuran pelek pada Scoopy baru dari 14 inci menjadi 12 inci, tak terasa. Balutan ban yang lebih tebal membuat kenyamanan terjaga, bahkan membuat handling terasa lebih lincah.

All-New Scoopy cukup asik diajak meliuk-liuk di sela-sela kendaraan ketika kondisi macet. Namun, setelan suspensi nampaknya dibuat lebih keras, pasalnya ketika melalui jalan yang sedikit rusak atau garis kejut, getaran sepeda motor cukup terasa sampai ke sekujur tubuh.

Pastinya over all, skuter matik segmen modern retro 110cc ini, cukup mumpuni untuk menjadi teman mobilitas sehari-hari, untuk antar jemput anak sekolah atau bolak balik kantor. Apalagi untuk yang kerap menghadapi macet, boleh dicoba All-new Scoopy terbaru ini.

Berikut video review-nya.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X