Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brio Masih Kuat, Honda Belum Butuh LCGC 7-penumpang

Kompas.com - 23/04/2017, 15:25 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, Otomania.com – Di antara semua pemain Low Cost Green Car (LCGC), Honda adalah salah satu yang masih bertahan hanya dengan satu model, Brio Satya. Dalam jangka waktu dekat tidak terendus bakalan ada model tambahan dari Honda kendati Toyota dan Daihatsu sudah punya tiga model.

Cara main Honda Prospect Motor (HPM) sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) lain dari merek lainnya. HPM memproduksi satu model namun untuk dua kelas, Brio Satya masuk di LCGC sedangkan Brio RS bertarung di kelas city car.

Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM Jonfis Fandy mengatakan produksi kedua model itu mencapai 42.000 unit pada tahun lalu. Angka segitu masih masuk akal buat HPM.

“Saya enggak tahu kami ini lebih idealis atau tidak. Kalau dilihat secara total LCGC tahun lalu Brio Satya dan Brio RS kami nomor satu untuk hatchback 5-penumpang,” kata Jonfis di Tangerang, Kamis (20/4/2017).

HPM belum berencana masuk ke segmen LCGC 7-penumpang seperti yang sudah dilakukan Datsun, Daihatsu, dan Toyota. Jonfis menjelaskan perusahaan tidak melihat selama ini model 7-penumpang memperbesar pasar LCGC. Peminat LCGC 7-penumpang tinggi namun mengalihkan pembeli 5-penumpang.

Mempelajari

Walau begitu Jonfis mengatakan Honda bukannya diam. Sikap sekarang sedang mempelajari segala aspek model LCGC 7-penumpang. 

“Dari awal kami belum melihat itu menambah volume. Kalau ditanya konsumen mau enggak? Ya pasti maulah harga LCGC tapi 7-penumpang. Dari sisi konsumen iya, tapi apakah menambah volume ya enggak juga,” kata Jonfis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com