Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Kebut Peluncuran Model Listrik

Kompas.com - 22/04/2017, 15:35 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif – Pasar otomtoif terbesar dunia, China, jadi ladang bisnis menarik bagi para produsen mobil. Selain dari merek Eropa dan Amerika Serikat, pembuat mobil asal Jepang sudah mulai mengeruk keuntungan di sini.

Melalui kebijakan pemerintah China yang bertekad melawan polusi udara dengan gelontoran banyak insentif untuk mobil ramah lingkungan, Honda coba mengambil celah dengan peluncuran mobil listrik pertamanya di Negeri Tirai Bambu tersebut di 2018.

“Honda akan mengembangkan model Electric ehicle (EV) yang didedikasikan untuk China yang sesegera mungkin akan diluncurkan,” ujar Yasuhide Mizuno, Chief Operating Officer Honda untuk China, mengutip Nikkei, Sabtu (22/4/2017).

Baca juga : Merek Global Siap Serbu Pasar Mobil Listrik China

Mizuno menambahkan, di tahun yang sama, Honda juga mempertimbangkan untuk memulai debut plug-in hybrid, atau dua tahun lebih cepat dari jadwal. Bahkan, tak mau kalah dengan Toyota dengan Mirai-nya untuk China, Honda juga akan merilis kendaraan berbahan bakar hidrogen.

Pembuat mobil Jepang ini juga mempertimbangkan untuk memulai debut plug-in hybrid pada tahun 2018, dua tahun lebih cepat dari jadwal, sementara berencana untuk merilis kendaraan sel bahan bakar juga, kata Mizuno.

Honda menargetkan, mobil ramah lingkungan seperti hibrida, plug-in hybrid, mobil listrik dan yang berbahan bakar hidrogen, akan berkontribusi sebanyak dua pertiga dari penjualan global di tahun 2030. Selain Honda dan Toyota, Nissan juga menawarkan versi baru dari mobil listrik Leaf di China yang disebut Venucia e30.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com