Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tesla Dilanda “Recall” Puluhan Ribu di Seluruh Dunia

Kompas.com - 21/04/2017, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

San Fransisco, KompasOtomotif – Bencana mulai melanda merek mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, di mana mereka mengumumkan akan ada kampanye perbaikan massal alias recall. Tidak tanggung-tanggung, jumlaknya sampai menyentuh 53.000 unit, Model S dan Model X secara global.  

Mengutip Reuters,  Kamis (20/4/2017) beredarnya kabar ini sontak membuat saham pembuat mobil mewah AS ini turun hampir 1 persen, pada perdagangan sore. Penarikan massal ini disebabkan adanya masalah pada rem parkir yang harus segera diperbaiki.

“Rem parkir listrik yang terpasang di Model S dan Model X, diproduksi antara Februari dan Oktober 2016, mengandung beberapa komponen kecil yang kemungkinan dibuat secara tidak benar oleh pemasok pihak ketiga kami," tulis Tesla dalam sebuah pernyataan resminya.

Jumlah total produksi Tesla untuk kedua model di 2016 sebesar 83.922 unit. Tesla juga menyebut, sampai saat ini tidak ada kecelakaan atau cedera akibat masalah yang menimpa Model S dan Model X.

Tesla mengatakan, dibutuhkan waktu kurang dari 45 menit untuk mengganti rem yang bermasalah tersebut. Perusahaan juga mengatakan akan mengirimkan pemberitahuan resmi kepada pelanggannya, agar segera membawa mobilnya ke bengkel resmi.

Tesla, produsen otomotif milik pengusaha muda Elon Musk, juga sebelumnya pernah melakukan recall 2.700 kendaraan sport Model X di Amerika Serikat, karena masalah yang terjadi pada engsel pengunci, di kursi baris ketiga.

Perusahaan tersebut mengatakan pada hari yang sama, kalau mereka sedang bekerja sama dengan pemasok Italia Freni Brembo, untuk mendapatkan suku cadang pengganti. Sementara Brembo sampai saat ini belum berkomentr dan menanggapi hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com