"Fresh Graduate" Gaji Rp 5 Jutaan Bisa Beli Mobil Baru? - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Daihatsu

"Fresh Graduate" Gaji Rp 5 Jutaan Bisa Beli Mobil Baru?

Dimas Wahyu
Kompas.com - 20/04/2017, 16:01 WIB
Donny A/KompasOtomotif Tampilan Ayla terlihat lebih segar dengan pilihan mesin baru, 1.2L.

KOMPAS.com - Bisa membeli mobil baru sendiri adalah salah satu impian bagi fresh graduate, yakni mereka yang baru bekerja selepas lulus dari perguruan tinggi.

Selain untuk ke kantor, mobil juga digunakan untuk jalan-jalan ke tempat nongkrong atau bepergian bersama pasangan.

Di sisi lain, memiliki sebuah mobil bisa menciptakan rasa bangga bagi orangtua, atau mungkin juga calon mertua, karena ada pandangan umum bahwa memiliki mobil sama artinya dengan kesuksesan.

Namun, dilema dalam mengejar impian itu adalah, apakah mereka bisa membeli mobil baru dengan penghasilan bulanan, yang mungkin saat ini berada di kisaran Rp 5 juta hingga Rp 6 juta?

Enaknya mobil baru

Satu hal menarik yang bisa dirasakan saat memiliki mobil baru adalah urusan perawatannya. Kenapa bicara perawatan? Pasalnya, segala urusan, mencakup ganti oli sekalipun, sudah ditanggung oleh dealer hingga batas waktu tertentu.

Dengan begitu, untuk urusan ini saja, budget bulanan sudah bisa ditekan sehingga sisanya tinggal urusan bensin, bayar parkir, dan tol.

Lalu mobil baru apa yang bisa dicicil dengan gaji Rp 5 juta-Rp 6 juta? Saat ini, pemerintah punya program low cost green car (LCGC). Harga jualnya tidak jauh dari angka Rp 100 juta karena sudah ditetapkan dalam peraturan.

Ambil contoh Daihatsu Ayla. Mobil ini bukan sekadar tampil sebagai LCGC, tetapi juga sudah punya tampilan lebih sporty lewat New Ayla.

Di dalamnya sudah ada hiburan digital yang bisa menyetel CD, MP3, dengan akses slot USB flashdisk dan colokan jika menggunakan kabel AUX.

Kalau mau lebih, Ayla punya varian Deluxe. Hiburannya sudah model layar sentuh, dengan berbagai fitur di dalamnya. Layarnya pun memadai untuk dipakai menonton.

Pengendara bisa memanfaatkan fitur Bluetooth phone sehingga tangan tetap di setir ketika misalnya mau bertelepon saat mobil terjebak macet. Pengaturan volume pun sudah bisa di setir karena sudah ada audio steering switch.

Aditya Maulana - Otomania Tampilang Belakang Ayla 1.0-liter dan 1.2-liter
Hitung cicilan

Cicilan biasanya tergantung dari jumlah pendapatan per bulan. Jika gaji bulanan Rp 5 juta-Rp 6 juta, maka jumlah cicilan yang diizinkan oleh lembaga keuangan maksimal adalah 30 persennya, atau lebih kurang Rp 1,6 juta-Rp 2 juta.

Mau mulai hitung cicilannya? Coba mesin perhitungan yang tersedia di alamat internet www.acc.co.id/daihatsu/index.php.

Misalnya, coba pilih varian termurah Ayla D MT MI Rp 92,55 juta yang cicilannya Rp 2 juta per bulan untuk empat tahun dengan uang muka 30 persen, atau Rp 1 jutaan dengan DP lebih besar.

Mau coba yang terbaru? Ada New Ayla termurah yang mesinnya lebih besar (1.200 cc), yakni Ayla 1.2 X transmisi manual, dengan harga Rp 125,25 juta.

Kalau mau yang paling komplet lagi, ada New Ayla Deluxe. Mobil ini sudah punya transmisi otomatis, punya pilihan warna oranye, dengan 29 aksesori baru, dan harganya Rp 146,25 juta.

Ke-29 aksesori baru itu antara lain bumper depan baru dengan aerokit, serta lampu depan projector dengan lampu siang LED daytime running light, plus lampu kabut.

Lalu, spionnya sudah elektrik dengan tambahan lampu sein. Sementara itu, peleknya lebih besar dari Ayla lain, dengan ukuran 14 inci, dan tampil hitam sehingga lebih sporty.  

Di luar itu ada lekukan kekar pelindung batu di ruang roda, bumper belakang baru yang juga pakai aerokit, reflektor belakang, garis krom, dan spoiler belakang; sementara di bagasi sudah luggage tray untuk menutupi barang-barang bawaan sekaligus untuk menempatkan bantal kecil, kotak tisu, atau parfum di atasnya.

Untuk keamanan, New Ayla Deluxe itu sudah punya airbag ganda di depan, sonar supaya aman saat mundur, batang pelindung samping, stabilizer roda belakang, sabuk keselamatan dengan pretensioner dan force limiter, pedal yang tidak menjepit saat tabrakan, serta kunci dengan immobilizer dan alarm.

Soal urusan uang muka, salah satu cara yang bisa dipilih adalah menabung terlebih dahulu. Misalnya, dengan pendapatan awal Rp 5 juta-Rp 6 juta, kita bisa menabung Rp 1 juta-Rp 2 juta per bulan untuk mengumpulkan uang muka, setidaknya selama setahun.  

Namun ingat, semua ini pun belum bicara soal promo-promo di mal dan tempat lainnya yang bisa menawarkan masa cicilan hingga lima tahun atau bahkan lebih, atau dengan uang muka lebih murah.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDimas Wahyu
EditorLatief
Komentar

Terkini Lainnya

Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM