Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Vario Bersolek Demi Pertahankan Pasar

Kompas.com - 18/04/2017, 16:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah Supra GTR dan CBR150R, giliran Vario 125 dan 150 yang disegarkan PT Astra Honda Motor (AHM). Sama dengan dua model sebelumnya, AHM hanya memberikan sentuhan ringgan berupa warna dan kombinasi grafis yang membuat kedua sepeda motor skutik tersebut terlihat lebih muda.

Pangsa pasar Vario cukup signifikan sejak pertama dikenalkan pada 2006 lalu. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) penjualan Vario di Indonesia sudah mencapai 9.575.508 unit.

Dalam periode Januari hingga Maret 2017, Vario series berkontribusi 32,54 persen terhadap penjualan skutik Honda melalui penyerapan sebanyak 301.374 unit. Bila di bandingkan dengan kompetitor utamanya yang bermain di kelas 150 cc, yakni Yamaha NMAX, Vario masih cukup unggul.

Baca : Minat Terhadap Skutik Makin Tak Terbendung

Sepanjang Januari sampai Maret 2017, Vario 150 terjual 110.904 unit. Sedangkan Yamaha NMAX jumlahnya mencapai 50.655 unit. Namun begitu, saat ini Yamaha memiliki andalan baru, yakni Aerox 155 cc yang sejak Februari hingga Maret sudah menuai hasil 24.850 unit.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya, menjelaskan untuk penyegaran warna baru pada Vario 150 dan 125 merupakan upaya untuk mempertahankan tren positif Vario sebagai merek terpopuler di Indonesia.

dok. AHM Kelir baru Honda Vario 125 dan 150

“Kami terus melakukan pengembangan tidak hanya secara fitur dan teknologi, tapi juga menghadirkan konsep warna baru yang memimpin dan mengubah tren skutik generasi muda Tanah Air. Kedua model terbaru Vario series ini akan menjadi partner terbaik bagi pecinta skutik sesuai gaya hidupnya," ujar Thomas dalam siaran resminya, Selasa (18/4/2017).

Untuk Vario 125, AHM memberikan sentuhan sporty melalui grafis baru pada dua tipenya, yakni CBS dan CBS-ISS. Pilihan warna Sonic White Red juga diberikan dengan kombinasi stipe merah yang memperkaya tampilannya.

Kombinasi warna monotone baru dihadirkan untuk untuk Vario 150, yakni Exclusive Pearl White dan Exclusive Matte Black pada tipe CBS-ISS. Tidak hanya itu, AHM juga ikut membungkus pelek dengan warna emas untuk Exclusive Matte Black yang membuatnya makin sporty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com