Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Sebar “Mata-mata” di Tiap Pameran Otomotif

Kompas.com - 15/04/2017, 13:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 pada 27 April sampai 7 Mei 2017 bakal kembali di selenggarakan. Hampir semua merek mobil besar Tanah Air positif hadir, salah satunya Toyota.

Selain berjualan dan memperkenalkan produknya, ternyata Toyota juga menyebar mata-mata, untuk melakukan riset dan menganalisa konsumen serta merek kompetitor. Bukan hanya di IIMS saja, ini juga dilakukan di pameran lain seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

“Jadi banyak yang tidak tahu kalau kami menggunakan third party (pihak ketiga) untuk survei. Jadi kami bukan hanya mengetahui brand awareness (kemampuan pembeli potensial mengingat merek) terhadap Toyota, tapi juga merek non-Toyota. Awareness konsumen coba kami ukur pada saat pameran,” ujar Soerjo, Kamis (13/4/2017).

Bahkan lebih dari itu, survey yang dilakukan juga bukan hanya terkait produk, tapi juga untuk urusan booth. Hasil riset yang dilakukan Toyota, brand awareness konsumen mengalami peningkatan pada 2016 dibanding 2015.

“Meski meningkat, kami juga harus menantang diri dengan memberikan sesuatu yang baru, karena kalau tidak, konsumen akan merasa bosan. Sehingga pertanyaan kami ke konsumen berikutnya adalah, apa yang menarik untuk si konsumen,” tutur Soerjo.

Sebab itu, Toyota tahun ini membawa konsep baru untuk booth-nya di IIMS 2017, di mana sebelumnya selalu menggunakan warna dasar putih, diubah menjadi hitam dengan beberapa kombinasi warna cokelat kayu.  Di mana saat ini Toyota juga menghadirkan dua model hybrid yang dijual massal, Camry Hybrid dan Alphard Hybrid.

Istimewa Desain Booth Toyota di IIMS 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com