Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha R3 Buatan Pulogadung Terganggu di India

Kompas.com - 13/04/2017, 16:05 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotifYamaha di India ”mengeluarkan” R3 (versi 300 cc dari R25) dari line up motor-motor yang dijual, per 1 April 2017. Sepeda motor buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Pulogadung, itu tak bisa memenuhi standar emisi minimal.

Pemerintah India menetapkan standar emisi minimal encapai Bharat Stage (BS) IV, atau setara Euro IV untuk semua sepeda motor yang dijual per April tahun ini. Karena R3 hanya bisa memenuhi standar emisi BS III atau setara Euro III—seperti ketetapan di Indonesia—maka tipe ini harus out dulu.

Dilansir financialexpress, (11/4/2017), Yamaha di India tidak menghilangkan selamanya R3 di India. Mereka sedang menunggu versi baru dari Indonesia yang memenuhi standar emisi BS IV, diperkirakan datang pada Juni 2017 mendatang.

Tak cuma memenuhi standar emisi, R3 versi baru nanti ditengarai bakal punya grafis dan pilihan warna baru juga. Opsi pakai ABS akan ditambahkan untuk menambah daya saing.

Mesin masih akan sama, berkapasitas 321 cc 2-silinder DOHC, yang sanggup mengeluarkan tenaga 42 tk dan torsi 29,6 Nm, dipasangkan transmisi 6-percepatan.

Model-model yang tersisa saat ini diklaim sudah memenuhi syarat itu, plus ketetapan baru harus punya Auto Headlamp-On (AHO). Mereka adalah FZ-S FI, FZ FI, Fazer FI, SZ RR, dan Fascino.

Di Negeri Taj Mahal itu, Yamaha R3 yang didatangkan secara terurai (CKD) dari Indonesia bersaing dengan merek-merek lain yang setara macam KTM RC390 dan Kawasaki Ninja 300.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com