Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Sih Teknologi G-Vectoring Control pada Mazda?

Kompas.com - 13/04/2017, 08:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Hiroshima, KompasOtomotifMazda tak cukup puas dengan teknologi Skyactiv yang sudah diterapkan pada banyak model. Empat pilar yang sebelumnya sudah ada, Skyactiv Engine, Chassis, Transmission, dan Body, kini dikoordinasikan hingga menjadi Skyactiv-Vehicle Dynamics.

Nah, di dalam Skyactiv-Vehicle Dynamics itulah, terdapat teknologi yang dinamakan G-Vectoring Control (GVC). Ini menjadi hits, diterapkan pada banyak model, termasuk Mazda2 terbaru dan CX-3 yang sudah mulai dipasarkan di Indonesia.

Intinya, GVC adalah sebuah sistem yang berkoordinasi demi membuat mobil tetap dalam kendali yang baik serta aman saat menikung dan melakukan manuver lainnya. Mungkin pada merek lain menyebutnya sebagai stability system. Lantas, bagaimana cara kerjanya? Berikut poin-poin pentingnya:

Mazda Mazda G-Vectoring Control membagi bobot ban untuk menikung sempurna.
1. GVC akan mengurangi torsi mesin maksimal 3 persen (sangat sedikit dan tidak akan terasa) saat mobil mulai memasuki tikungan, lalu mengembalikannya lagi saat keluar dari tikungan. Kerja yang sederhana ini berlangsung berulang-ulang dengan sangat cepat hingga sepersekian detik termasuk saat mobil berjalan lurus. Perlu diingat bahwa mobil bejalan lurus bukan berarti bisa lurus dengan sempurna, namun sebenarnya mobil berjalan berkelok-kelok, walau dalam skala sangat kecil.

2. Di saat torsi mesin dikurangi, maka bobot mobil akan berpindah ke depan sehingga menambah cengkeraman ban depan yang akan mengurangi kemungkinan understeer. Aktivitas ini sekaligus secara otomatis mengalihkan gaya sentrifugal ke samping menjadi sedikit ke depan.

3. Ketika torsi mesin dikembalikan, bobot mobil akan pindah ke belakang, sehingga menambah grip ban belakang yang akan mengurangi kemungkinan oversteer. Ini juga sekaligus otomatis mengalihkan gaya sentrifugal ke samping menjadi sedikit ke belakang.

4. Dari sisi kenyamanan, GVC akan mengurangi derita pengemudi maupun penumpang akibat gaya sentrifugal ke samping saat mobil melaju di tikungan. Dengan demikian kelelahan pengemudi maupun penumpang akan sangat berkurang sehingga menjadikannya lebih nyaman.

5. Dari sisi keselamatan, GVC juga akan mengurangi derita mobil itu sendiri akibat gaya sentrifugal ke samping saat mobil melaju di tikungan, sehingga kemungkinan understeer maupun oversteer akan jauh berkurang.

Berikut beberapa video yang bisa menjelaskannya lebih detail:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com