Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Motorrad Lahirkan Sepeda Motor “Hybrid”

Kompas.com - 12/04/2017, 17:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Munich, KompasOtomotif – Mencoba mencoba lari paling depan soal teknologi kendaraan bermotor roda dua, BMW Motorrad lahirkan R 1200 GS xDrive Hybrid. Ini diklaim menjadi sepeda motor produksi massal pertama dengan all-wheel drive bermesin hibrida.

Meski memiliki teknologi terbaru, R 1200 GS xDrive Hybrid masih menggunakan basis GS lawan yang legendaris. Sesuai ruhnya, “GS” dianggap bisa mengakomodasi kebutuhan biker dengan kemampuan daya tahan, menjelajah medan off-road, dan semua jenis petualangan.

Mesin dengan air/liquid cooled flat twin sanggup menghasilkan tenaga 125tk @7.750 rpm serta torsi maksimal 125 Nm @6.500 rpm, yang disalurkan ke roda belakang. Penggerak hibrida dengan output sistem keseluruhan 125 kW (170 hp), memberikan performa baik dalam semua kondisi berkendara.


Istimewa R 1200 GS xDrive Hybrid.
Lebih dari itu, sistem all-wheel drive unik pada roda depan R 1200 GS xDrive Hybrid, memastikan traksi yang lebih baik pada kondisi jalan yang licin, pasir dalam atau lumpur. Teknologi ini menggunakan sistem yang dikembangkan oleh BMW Automobiles.

Penggerak all-wheel drive dapat dioperasikan secara otomatis atau manual oleh pengendara, melalui saklar 2WD (Two-Wheel Drive) yang terletak di stang kiri. Saklar itu akan mengaktifkan wheel-hub e-Drive system, yang berfungsi baik sebagai motor listrik dan generator.

Cukup menarik, dari siaran resmi pihak BMW Motorrad, model sepeda motor anyar berteknologi canggihnya ini, baru akan tersedia di pasar pada pertengahan 2017 mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com