Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap dengan Euro IV, Suzuki Pertanyakan Kualitas BBM

Kompas.com - 12/04/2017, 08:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif - Standar emisi Euro IV akan segera berlaku di Indonesia. Melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 mengenai Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O, rencananya pembatasan emisi ini akan diterapkan pada September 2018.

Menanggapi langkah dari pemerintah, Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku sudah siap untuk menerapkan Euro IV. Bahkan pihaknya hanya tinggal menanti kepastian mengenai penerapan regulasinya.

"Kita tidak ada masalah sama Euro IV. Kita siap tinggal kapannya saja. Sebetulanya Euro IV dari catalytic converter sama tuning ya, tinggal kita ikuti regulasi dan per kapan berlakunya," ucap 4W Deputy Managing Director SIS Setiawan Surya di Tangerang, Selasa (11/4/2017).

Menurut Setiawan, dengan adanya kepastian regulasi serta kejelasan mengenai kapan mulai diberlakukan, maka memberikan waktu untuk berbenah diri. Namun demikian, Setiawan juga berharap pemerintah ikut memperhatikan aspek lain.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Sejumlah pengendara mengisi bahan bakar di SPBU Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2017). PT Pertamina (Persero) langsung menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai 5 Januari 2017. Revisi harga berlaku untuk jenis BBM non-subsidi dengan angka kenaikan sebesar Rp 300.

Aspek yang dimaksud bukan hanya dari pihak industri otomotif saja, tapi juga faktor pendukung lain, terutama masalah bahan bakar minyak (BBM). "Bahan bakar kita sekarang support tidak dengan Euro IV. Karena bahan bakar yang sekarang ada itu Euro II, langsung lompat ke Euro IV," kata Setiawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com