Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Blakblakan soal Konsumsi BBM Ignis

Kompas.com - 12/04/2017, 07:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif - Suzuki Ignis sesaat lagi siap mengaspal di Indonesia. Mobil kota dengan tampilan mini SUV ini akan mengusung mesin milik Suzuki Splash berkapasitas 1.200 cc dengan kode K12B yang diklaim lebih irit bahan bakar.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri sudah terang-terangan memamerkan hasil konsumsi bahan bakar Ignis pada banner yang terdapat di beberapa gerai penjualan. Hasilnya cukup signifikan karena angka rata-ratanya melebihi keiritan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC).

Dalam banner itu, tertulis rata-rata konsumsi Ignis transmisi manual mencapai 23,64 Km per Liter (kpl). Sedangkan untuk transmisi otomatisnya (AGS) hanya 23,44 kpl.

Ketika dikonfirmasi, Assisten to Departement Head Service SIS Riecky Patrayudha, mengatakan bahwa hasil tersebut murni dari pengujian resmi.

Aditya Maulana - Otomania Suzuki Ignis yang akan meluncur bulan depan

"Yang melakukan pengetesan bukan kita (Suzuki), hasil itu langsung dari BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dan BT2MP (Balai Teknologi Termodinamika, Motor dan Propulsi. Mereka melakukan pengujian secara statis," ucap Riecky menjawab pertanyaan KompasOtomotif di Tangerang, Selasa (11/4/2017).

Bila dibandingkan dengan LCGC, jelas hasil klaim konsumsi Ignis jauh lebih irit. Dalam peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 33 Tahun 2013, mobil LCGC bisa mendapatkan keringanan pajak atau hal lainnya dari pemerintah bila memiliki efisiensi bahan bakar minimal 20 kpl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com