Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usaha Daihatsu Demi Mobil yang "Fit" untuk Indonesia.

Kompas.com - 10/04/2017, 13:37 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Karawang, KompasOtomotif - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan Pusat Riset & Pengembangan atau Research and Development Center (R&D), bersamaan dengan perayaan pencapaian produksi ke-5 juta unit. Agenda ini dilakukan di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat, (10/4/2017). 

Inilah usaha Daihatsu untuk mendapatkan produk yang "fit" atau paling dibutuhkan untuk masyarakat Indonesia, lahir dari tangan-tangan terampil putra lokal. Fasilitas ini menjadikan Daihatsu sebagai satu-satunya merek mobil di Indonesia yang punya fasilitas pusat penelitian dan pengembangan yang lengkap.

R&D Center Daihatsu ini sebenarnya sudah dibangun sejak 2011, memiIiki fasiIitas Design Building, Engineering Building, serta Test Course Iengkap yang memiIiki 24 macam kondisi jalan di Indonesia. Tak hanya itu, mobil-mobil juga dikembangkan untuk bisa melewati 4 tipe tanjakan, tes banjir dan Iumpur, di area dengan Iuas total sebesar 25 Hektare (Ha). 

"Kami akan lanjutkan usaha mengembangkan produk terbaik untuk masyarakat Indonesia. Kami percaya, penguatan kemampuan sumber daya di R&D kami, akan mempercepat gerak penguatan industri mobil dalam negeri," ujar Executive Vice President of Daihatsu Motor Company Ltd (DMC) Japan, Hiroyuki Yokoyama.

Yokoyama juga menegaskan bahwa pembangunan R&D Center ini merupakan komitmen Daihatsu untuk memajukan industri otomotif Tanah Air, sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di Iuar Jepang, sekaIigus menjadi aset nasional yang membanggakan.

Saat ini, pusat riset dan pengembangan mobil Daihatsu sudah mencapai kemampuan untuk melakukan minor change, atau akrab di telinga kita dengan facelift.

Proses yang sudah bisa dilakukan mulai dari survei pasar, desain produk, product engineering design, pembuatan dan tes prototipe. Pada 2019 mendatang, diharapkan divisi ini sudah mampu melakukan full model change.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com