Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Produksi, Gesits Seleksi Pemasok Komponen Lokal

Kompas.com - 08/04/2017, 13:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor listrik karya anak bangsa, Gesits, semakin mantap menuju ke arah produksi. Hal ini dibuktikan dengan pertemuan para produsen suku cadang yang dihelat di markas Garansindo Group di Kemang, Jakarta Selatan, pada 5 dan 6 April 2017 lalu.

Tujuan pertemuan ini tidak lain untuk membicarakan kerja sama dalam komponen untuk memproduksi skutik listrik. Total ada 30 perusahaan produsen komponen dan suku cadang yang diundang, diantaranya adalah Pirelli Tires, Pindad, dan LEN.

Team Gesits memaparkan kesempatan kerja sama untuk pembuatan beberapa komponen, seperti lampu, kursi, electric wiring, ban, serta perangkat keamanan (safety) motor. Harun Sjech, Chief Sales Officer Garansindo Group, menjelaskan, banyaknya produsen yang hadir menunjukkan respons positif terhadap perkembangan skutik listrik Gesits.  

“Perusahaan yang datang memiliki mimpi, misi, dan visi yang sama dengan kami yaitu untuk memiliki skuter listrik nasional, mendukung kemandirian ekonomi bangsa dan pengembangan teknologi alternatif. Kami berterima kasih kepada perusahaan yang telah mendukung," ucap Harum dalam siaran resminya, Jumat (7/4/2017).

dok. Garansindo Gesits mulai cari produsen suku cadang

Sejak meluncurkan prototipe pada Mei 2016, Gesits sudah mengalami perkembangan yang signifikan, antara dengan lain menandatangani nota kesepahaman (MoU) dari beberapa perusahaan nasional termasuk Perusahaan Listrik Nasional (PLN) dan Telkom. 

Pada November 2016, lima skutik listrik Gesits sukses menyelesaikan perjalanan jarak jauh 1.200 kilometer dalam Tour de Jawa Bali dari Jakarta ke Denpasar, yang masuk dalam agenda uji coba beberapa aspek, kapabilitas, performa, dan efisiensi.
 
Gesits dilengkapi dengan mesin tenaga listrik 5KW dan3KW yang dapat menempuh jarak sejauh 80–100 kilometer dalam satu pengisian baterai. Tenaga tersebut mampu menghasilkan kecepatan maksimal sampai 100 kpj yang diklaim setara dengan skutik bermesin bensin 125 cc.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com