Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Masih Pede dengan Mesin Lawas Ayla 1.000 Cc

Kompas.com - 07/04/2017, 17:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain disuguhi New Ayla 1.2L, jangan lupakan juga, masih ada tipe bermesin 1.000 cc yang lebih terjangkau. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperbarui penampilannya, tapi tidak banyak beda dengan model lama. Mesin pun bertahan, tipe 3-silinder 1KR-DE DOHC.

Ternyata, pilihan mesin untuk tipe 1.000 cc New Ayla kini sedikit berbeda dengan saudara kembarnya, New Agya. Informasi terbaru, Agya sudah menggunakan sistem buka tutup klep VVT-i demi pembakaran yang sempurna untuk lebih mengirit bahan bakar.

Kenapa Daihatsu tak menyamakannya dengan Toyota? Pradipto Sugondo, Executive Officer RnD ADM, usai peluncuran, terlebih dahulu membenarkan bahwa ADM tetap memilih bertahan dengan mesin yang lama. Dia beralasan bahwa inilah strategi yang dipilih perusahaan agar tetap ada segregasi.

”Buat pilihan untuk konsumen, karena Daihatsu dan Toyota harus bikin barisan produk yang lengkap. Semua untuk konsumen,” ujar Pradipto kepada KompasOtomotif.

Dirinya beranggapan bahwa konsumen akan sangat beragam. Segmen yang dipilih New Ayla adalah menyasar orang-orang yang ingin mendapatkan mobil dengan harga terjangkau, tapi tetap mempertimbangkan konsumsi bahan bakar yang irit.

”Banyak orang yang tak sedetail itu, dan ini tidak ada yang salah, semua benar dan punya dasar. Kan konsekuensinya kembali ke harga,” kata Pradipto.

[Baca: Daftar Harga Lengkap Generasi Baru Daihatsu Ayla ]

ADM memang tak banyak mengutak-atik New Ayla tipe mesin 1.000 cc. Selain bertahan dengan mesin lama, perubahan yang ditanamkan juga tak sedrastis tipe 1.2L. Pada tipe 1.0L, pada bagian eksterior hanya ada ubahan pada gril dan lampu belakang.

Beberapa ornamen baru di interior juga tidak signifikan, tapi cukup menjual. Misalnya jok yang ikut berubah desain menajdi semi-bucket, dan ada ornamen krom di beberapa bagian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com