Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirjen Perhubungan Tinjau Kesiapan Mudik di Merak

Kompas.com - 06/04/2017, 21:33 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Merak, KompasOtomotif - Jelang arus mudik 2017, Kementerian Perhubungan (Menhub) mulai melakukan peninjauan fasilitas. Pelabuhan Merak menjadi salah satu agenda utama karena menjadi satu-satunya pintu utama akses darat dari Sumatera menuju Jawa, Kamis (6/4/2017).

Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat Pudji Hartanto, mengatakan evaluasi ini dilakukan lebhi awal agar bisa melihat apa saja yang masih kurang.

"Secara garis besar sudah bagus, tetapi tetap ada poin yang harus diperhatikan. Paling utama mengenai dermaga 6 yang baru," ucap Pudji di Merak, Kamis (6/4/2017).

Menurut Pudji, meski belum bisa beroperasi, tapi dengan dibukanya dermaga 6 bisa membuat mobil atau sepeda motor tertampung. Efeknya bisa mencegah terjadinya penumpukan yang mengakibatkan kemacetan hingga ruas tol Merak.

"Biasanya macet dari pelabuhan itu sampai pintu tol Merak, kita harapkan dengan dibukanya dermaga 6 ini bisa meminimalisir hal itu, terutama saat arus mudik mulai ramai," kata Pudji.

Poin lainnya, Pudji juga meminta pihak pelabuhan untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan volume baik dari pengendara maupun pemudik reguler. Sedangkan untuk masalah akses jalan yang rusak setelah keluar pelabuhan akan diusahakan segera diperbaiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com