Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekam Jejak Hiroyuki Fukui di Toyota Astra Motor

Kompas.com - 06/04/2017, 09:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
Hiroyuki Fukui akhirnya lengser dari kursi Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM), mulai April 2017. Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) TAM, peran Fuki akan digantikan oleh Yoshihiro Nakata.

Meski hanya tiga tahun menjabat sebagi orang nomor satu di TAM, tapi peran Fukui dinilai cukup besar. Terutama ketika melewati masa sulit yang dihadapi hampir semua pelaku industri otomotif. Fukui juga menjabat sebagai komisaris pada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), selama di Indonesia.

“Tiga tahun adalah masa yang pendek, tapi mengingat tantangan besar pada dinamika pasar otomotif dalam beherapa tahun terakhir, sungguh saya mendapat pengalaman yang berharga sebagai CEO Toyota Astra Motor,” ujar Fukui dalam keterangan resminya, Rabu (5/4/2017).

Rekam jejak Fukui yang paling signifikan adalah mempertahankan TAM sebagai pemimpin pasar, bahkan peraihan market share-nya dinilai makin signifikan. Dari data 2015, penjualan ritel TAM mencapai 325.939 unit, angka ini naik menjadi 388.204 unit.

Peningkatan juga terjadi di pasar wholesales pada periode yang sama. Penjualan TAM tumbuh18,56 persen dari 321.818 unit menjadi 381.566 unit. Hasil tersebut menunjukkan kinerja pertumbuhan penjualan Toyota jauh di atas rata-rata industri yang hanya sekitar lima persen.

Tidak hanya itu, Fukui juga mampu mengantarkan Toyota Indonesia naik peringkat di kancah global. Bila pada 2014 TAM berada di posisi kelima dunia, saat ini posisinya menempati urutan keempat dan menggeser Thailand.

“Sebagai CEO, Hiroyuki Fukui telah memberikan inspirasi positif dan berbagai pengalaman yang sangat berharga bagi keluarga besar TAM. Kepemimpinan Fukui kami yakini akan menjadi catatan tinta emas dalam milestone sejarah TAM ke depan,” ucap Henry Tanoto, Vice President Director TAM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com