Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taksi "Online Bikin Pamor Mobil Sejuta Umat" Pudar

Kompas.com - 04/04/2017, 07:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Maraknya taksi online beberapa waktu lalu sempat mendongkrak penjualan mobil bekas (mobkas). Terutama untuk segmen "mobil sejuta umat" seperti Avanza dan Xenia.

Sayangnya hal tersebut diakui beberapa pedagang mobkas tidak berlangsung lama. Saat ini pamor duo Iow multi-purpose vehicle (LMPV) itu di pasar mobil bekas justru mulai luntur akibat taksi online.

"Image-nya sekarang Avanza dan Xenia itu lebih ke taksi online. Konsumen pribadi yang cari Avanza atau Xenia jadi gengsi belinya," ucap Teddy pedagang mobkas di MGK Kemayoran, Senin (3/4/2017).

Menurut Teddy, penjualan Avanza dan Xenia beberapa waktu lalu memang lebih didominasi pengusaha rental. Selain untuk unit sewa, kendaraan tersebut juga dijadikan sebagai bisnis taksi online.

"Kalau konsumen di LMPV larinya paling ke Mobilio, lebih mahal sedikit tapi gengsinya dapat. Beda dengan konsumen yang kelas menengah, biasanya langsung ambil Innova atau Fortuner lawas yang kisaran harga sekitar Rp 250 sampai Rp 300 jutaan," kata Teddy.

Stanly/Otomania Mobkas low MPV

Sedikit berbeda dengan Teddy, Sunanta yang juga berbisnis mobkas di WTC Mangga Dua mengatakan meski Avanza saat ini pamornya berkurang, tapi masih cukup diminati untuk konsumen di luar Jakarta.

"Untuk konsumen daerah atau pinggiran masih ada yang ambil, beda karakater memang sama konsumen di Jakarta yang lebih mementingkan gengsi," ujar Sunanta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com