Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Toyota ”Recall” 2,9 Juta Mobil Karena Kantung Udara

Kompas.com - 31/03/2017, 07:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

California, KompasOtomotif – Setelah jutaan unit mobil dari berbagai merek di seluruh dunia harus di-recall gara-gara masalah kantung udara buatan Takata, kini Toyota kembali mengumumkan penarikan 2,9 juta unit mobil di berbagai kawasan karena masalah yang sama.

Berdasarkan laporan AutoNews (29/3/2017), model-model yang harus ditarik termasuk RAV4 dan Corolla Axio sejumlah 1,16 juta unit, dan sudah terkirim ke konsumen di Oseania serta Timur Tengah. Lalu, 750.000 unit sisanya tersebar di Jepang.

Mobil yang sama dan dikapalkan ke Eropa juga seharusnya kena dampak masalah ini. Namun, kepastian jumlahnya belum bisa dikonfirmasi. Namun Amerika bagian Utara, dimana menjadi pasar paling besar utuk merek Toyota, terbebas dari recall kali ini.

Merek lain di Jepang juga melakukan aksi yang sama belakangan ini. Lebih dari 240.000 unit mobil di Jepang, termasuk Mitsubishi, Hino Motors, dan Fuji Heavy Industries yang bikin merek Subaru.

Masalah airbag Takataterletak pada komponeninflator. Saat kecelakaan terjadi, inflatorbisa mengembang terlalu berlebihan disertai lontaran serpihan logam sehingga bisa mencederai pengemudi dan penumpang depan.

Kantung udara yang berbahaya ini sudah mendera berbagai merek di seluruh dunia, dan sudah banyak makan korban. Lebih dari 100 juta mobil di seluruh dunia menggunakan peranti ini. 150 orang dilaporkan sudah terluka, dan 16 di antaranya meninggal dunia karena kasus airbag Takata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com