Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban ”Semi-Licin” dengan Kemampuan Ganda

Kompas.com - 30/03/2017, 18:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Seoul, KompasOtomotif – Merek ban asal Korea Selatan Hankook Tire (HT) meluncurkan Ventus R-s4, ban yang disebut semi-slick. Model ini meneruskan kinerja Ventus R-S3 yang sudah menunjukkan daya cengkeram sekaligus punya daya tahan yang diklaim lebih baik.

Ban ”semi-licin” ini punya kemampuan ganda. Selain cocok dipakai untuk pengendaraan sehari-hari, juga dikatakan baik untuk balapan.

Demi memuaskan kedua segmen pengguna tersebut, HT memastikan performa Ventus R-s4 dengan pengujian oleh pebalap profesional di Sirkuit Internasional Korea (trek F1) yang berlokasi di Yeongam.

Dari sisi desain, ban ini punya tepi pola tapak yang dirancang dengan talang geometri demi meningkatkan daya tahan dan mencegah kerusakan pada permukaan.

Kemiringan talang disebut ”bertahap”, memaksimalkan ketahanan permukaan dengan bobot tambahan saat bersentuhan dengan medan jalan yang disebabkan oleh tingginya kecepatan, juga pengereman.

Blok ban dibuat lebih luas dan terpusat, berfungsi untuk meningkatkan respons kemudi. Lalu, dua alur utama punya manfaat perencanaan hidro.

Sudut alur variabel menawarkan blok kaku, diklaim optimal mengurangi getaran. Blok bahu dengan kekakuan tinggi disebut meningkatkan respons kemudi serta daya cengkeram saat menikung.

Selain itu, ban ini juga dilengkapi teknologi radius multi-tapak Quattro Tread Radius demi mendukung cengkeraman saat menikung dengan kecepatan tinggi.

Ventus R-s4 juga menawarkan performa baik di medan basah dengan menambah silika hidrofilik, meningkatkan polimer, serta kekakuan dan panas senyawa dengan resin fungsional.

Setelah Korea Selatan, ban tipe ini akan diluncurkan juga di Amerika Serikat pada kuartal pertama tahun ini, serta berikutnya di Eropa dan di Timur Tengah. Asia? Mungkin menyusul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com