Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Jika Mobil Tanpa Panel Instrumen ?

Kompas.com - 30/03/2017, 17:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Paultan

California, KompasOtomotif – Kadang kita harus keluar dari mindset untuk menciptakan terobosan baru. Seperti yang dijanjikan CEO Tesla Inc. Elon Musk, bakal ada model baru yang pada bagian interiornya tidak dilengkapi instrumen cluster.

Lewat beberapa cuitan yang dilontarkannya, Musk dengan tegas membalas pertanyaan penggemar, bahwapada dasarnya, orang jarang melihat instrumen cluster saat mobil melaju.

”Semakin mobil berstatus otonomos, makin tidak dibutuhkan info pada dasbor. Seberapa sering Anda melihat panel instrumen saat naik taksi?” begitu bunyi salah satu cuitan Musk.

Bisa dibayangkan, interior mobil bakal bersih dari tombol, bahkan untuk head up display sekali pun! Musk mengatakan bahwa ”interior bersih” ini akan diterapkan pertama kali pada Tesla Model 3.

Kendati demikian, Musk memberi petunjuk bahwa akan ada satu layar display yang akan diletakkan di bagian tengah depan. Tak hanya menunjukkan kecepatan saat ini, tetapi juga punya akses untuk mengaktifkan fungsi lain.

”Anda tidak akan peduli jika mobil tak punya item yang familiar di kabin,” ucapnya lagi dalam akun Twitter @elonmusk.

Soal Tesla Model 3, sekilas mobil akan punya tampang yang tajam dan ramping jika dibandingkan dengan Alpha Prototype yang diluncurkan April 2016 silam. Mobil juga akan dilengkapi sejumlah kamera untuk menjalankan fungsi autopilot.

Model ini akan mulai diproduksi dalam jumlah terbatas, akhir Juli 2017 mendatang. Perusahaan akan secara bertahap mengenalkan pembaruan peranti lunak untuk berpasangan dengan hardware Autopilot 2.0.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Paultan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com