Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Kayu Chevrolet, Bukti Sejarah GM di Indonesia

Kompas.com - 30/03/2017, 17:24 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, Otomania.com - Sebelum bus merek asal Jepang dan Jerman tenar, alat transportasi merek Amerikas Serikat, General Motors, sempat populer. Truk Chevrolet AA Series buatan 1927 yang mejeng di Indonesia Classic & Unique Bus (Incubus) menjadi buktinya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Truk kayu Chevrolet AA Series dipamerkan di Indonesia Classic & Unique Bus (Incubus) 2017
Truk milik Hauwke Auto Gallery yang sekarang jadi unik ini menggunakan sasis dan bodi besi, namun deknya dibuat dari bahan kayu. Menariknya lagi bagian pelek juga didesain kombinasi besi dan jari-jari kayu.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bus kayu merek Chevrolet pernah diproduksi di Indonesia
General Motors pernah membangun pabrik di Indonesia untuk pertama kalinya pada 1938. Menurut cerita AM Fikri, Project Coordinator Incubus 2017, salah satu produksinya bus kayu. Bus model itu pernah banyak menggelinding di Indonesia era 1950 – 1970.

“Jaman dulu memang bus itu sasisnya dari truk, salah satunya ya truk ini,” kata Fikri, Kamis (30/3/2017).

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Truk kayu Chevrolet AA Series dipamerkan di Indonesia Classic & Unique Bus (Incubus) 2017 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (30/3/2017). Total ada enam bus bersejarah tahun 1960-an, 1970, 1980 hingga 1990-an yang dipajang untuk kembali mengingatkan, bahwa bus adalah moda transportasi andalan bagi masyarakat di Tanah Air.
Chevrolet AA Series adalah salah satu barang unik di Incubus dan menjadi unit tertua yang dipamerkan. Selain itu, ada tujuh bus menarik lainnya yang bisa dilihat. Mulai dari bus kayu Mitsubishi Pownis dari Pulau Bangka, bus Lorena kapsul merek Mercedes-Benz, sampai bus Tranjakarta reinkarnasi PPD. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com