Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

Kompas.com - 30/03/2017, 15:43 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif – Perlahan tapi pasti, sejak mulai digelar ajang World Superbike Championship pada 2015 lalu, Thailand akhirnya bakal menjadi tuan rumah MotoGP di 2018 untuk pertama kalinya, mengutip Crash.net dan Speedweek.com, Kamis (30/3/2017).

Sirkuit andalan Negeri Gajah Putih tersebut, Chang International Circuit in Buriram, bakal menjadi tempat para pebalap kelas premium, Valentino Rossi dan kawan-kawan, memacu sepeda motornya. Penduduk Thailand patut berbangga diri akan hal ini.

Sebelumnya, pihak Dorna masih memberikan respons jawaban “mungkin”, tapi kali ini kabar menyebutkan kalau proses tawar-menawar sudah selesai, di mana sudah berjalan sejak 2015 lalu. Lokasi sirkuit sendiri kurang lebih berjarak 400 kilometer sebelah utara kota Bangkok.

Dorna memberikan ketetapan, kalau venue atau sirkuit, harus terlebih dahulu dipakai untuk ajang Worlds Superbike selama tiga tahun, sebelum mengadakan putaran balap MotoGP.

Setelah resmi dikonfirmasi, ini membuat Chang International Circuit Thailand menjadi lokasi baru pertama yang masuk dalam jadwal MotoGP, sejak terakhir kali pada 2014, yaitu Termas de Rio Hondo Argentina.

Seperti diketahui, sirkuit yang dimiliki Thailand tersebut, didesain oleh arsitektur sirkuit kelas wahid, Hermann Tilke, yang sudah menghasilkan banyak trek, seperti yang ada di Korea Selatan dan Shanghai. Indonesia pun sudah menandatangani kontrak kerjasama dengan Tilke, untuk pembangunan sirkuit di Palembang, yang kemungkinan akan bisa melangsungkan MotoGP di 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com