Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Surga" Industri Komponen Otomotif Sampai Nostalgia Bus

Kompas.com - 29/03/2017, 12:11 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
- PT Global Expo Management (GEM) Indonesia membuka pameran bussiness to bussiness (B2B) yang mewadahi industri komponen otomotif, aksesori, karoseri, sampai peralatan berat, pabrik, dan perlengkapan pertambangan.

Ajang ini terafiliasi dalam International Trade Exhibition for Auto Parts, Accessories, and Vehicle Equip (INAPA) 2017, digeber pada 29 Maret-1 April, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Berbagai pameran spesifik dijadikan satu, memberikan fasilitas "one stop bussiness" untuk para pemain industri otomotif.

Lebih dari ada 1.100 perusahaan dari 35 negara bergabung, menampilkan produk andalan untuk mencari pasar baru di Indonesia. Mulai dari China, Singapura, Taiwan, sampai Korea Selatan. Kebanyakan main di ranah aksesori dan komponen mobil atau sepeda motor.

Di sisi lain, pameran ini juga menampilkan bus, truk, peralatan berat, dan industri karoseri yang berada dalam ajang Indonesia Bus, Truck, Heavy Equipment, and Component Exhibition (IIBT) 2017. Ada juga deretan hardware dan peralatan otomotif, sampai pameran baut dan fastener, ban sekaligus permesinan dan materialnya.

"Ajang ini biasa dihadiri oleh para pebisnis Oto Bus, tourism, dan pelaku kendaraan komersial. 70 persen industri penunjang akan datang dari luar negeri. Sedangkan perusahaan karoseri yang berpartisipasi 100 persen Indonesia," ujar Baki Lee, Direktur GEM Indonesia, dalam pembukaan acara.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronik Kementerian Perinustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan bahwa pameran ini bisa didapat tujuan ganda. Selain membuka pasar dan peluang investasi, juga berpotensi mengembangkan industri dalam negeri, khususnya komponen otomotif.

"Melalui pameran ini, bisa jadi ajang mencari ide kemandirian untuk mengembangkan inustri, serta menguasai teknologi-teknologi terkini di dunia komponen otomotif dan aksesori," ujar Putu, dalam sambutan ketika membuka acara.

Lebih dari 35.000 pengunjung diharapkan hadir di ajang yang terbesar di Asia Tenggara ini.
Makin banyaknya peserta membuat GEM sebagai penyelenggara menggunakan semua hall JI Expo Kemayoran dengan lahan seluas 45.000 m2. Terlebih, ditampilkan juga bus-bus klasik dan unik dalam Indonesia Classic and Unique Bus Fiesta (Incubus) 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com